Cara Atasi Sinyal 4G Telkomsel Tidak Muncul di Hp Android

sinyal 4G Telkomsel tidak muncul
Ilustrasi sinyal 4G Telkomsel tidak muncul

MULAISAJA - Ketika sinyal 4G Telkomsel tidak muncul, tentunya akan sangat meresahkan. Karena kita tidak bisa menggunakan smartphone untuk berselancar di internet. 

Saat ini sinyal 4G Telkomsel sudah menjadi kebutuhan bagi manusia. Karena jaringan 4G memiliki kecepatan internet yang sangat ngebut. Hanya saja, terkadang ada saja masalah yang kerap muncul. 

Salah satu masalah yang terjadi yakni sinyal 4G Telkomsel tidak muncul di iPhone dan Android. Jika masalah seperti ini dibiarkan terus-menerus, maka akan menimbulkan masalah yang jauh lebih besar. Oleh karenanya, pastikan untuk segera mengatasi permasalahan ini. 

Tips Mengatasi Sinyal 4G Telkomsel Tidak Muncul

Sebenarnya ketika sinyal 4G tidak muncul bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Solusinya tentu bisa berbeda-beda tergantung dari masalah yang kamu hadapi. 

Baca Juga: Kartu Telkomsel Tidak Ada Jaringan? Atasi Dengan Cara Berikut Ini

Misalnya saja jika penyebab dari masalah yang kamu hadapi adalah hp yang digunakan, maka perlu menangani bagian perangkat milikmu. Admin mulaidarimanaaja.com telah merangkum beberapa solusi yang bisa kamu lakukan berikut ini. 

1. Atur Jaringan 4G Only 

sinyal 4G Telkomsel tidak muncul
Jaringan Telkomsel 

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengatur jaringan agar 4G only. Dengan cara ini, maka perangkat hanya akan menangkap sinyal 4G saja.

Cara mengaktifkan 4G LTE Telkomsel juga sangat mudah kok, kamu hanya perlu masuk ke pengaturan jaringan. Setelah itu atur saja untuk 4G only. Untuk melakukannya, kamu bisa ikuti tahapan berikut.

  • Buka pengaturan di smartphone Android milikmu. 
  • Selanjutnya buka pengaturan "SIM & data seluler". 
  • Kemudian pilih SIM yang kamu gunakan untuk internetan. 
  • Pada halaman tersebut, kamu bisa pilih "jenis jaringan yang disukai". 
  • Setelah itu pilih 4G only. Dengan begitu maka jaringan Telkomsel akan menjadi 4G. 

2. Setting APN Telkomsel 4G

APN (Access Point Name) adalah sebuah sistem pengaturan nama jaringan koneksi pada sebuah data seluler. Fungsi dari APN yakni untuk menghubungkan perangkat dengan jaringan internet.

Baca Juga: Cara Mempercepat Jaringan Telkomsel di HP Xiaomi

Ketika kamu mengalami masalah kartu Telkomsel tidak muncul sinyal 4G, maka kamu perlu mengatur APN. Karena bisa jadi setingan APN milikmu ada yang keliru. 

Kamu bisa mengatur APN tersebut dengan mengikuti pengaturan APN Telkomsel jaringan 4G berikut:

Name: Telkomsel 4G

APN: internet 

MCC: 510

MNC: 10

APN Type: Default 

APN Protocol: Ipv4

APN Roaming Protocol: Ipv4

Enable / Disable APN: APN Enable 

Bearer: unspecified

3. Pindah ke Tempat yang Lebih Terbuka 

Sinyal 4G Telkomsel tidak muncul di Xiaomi dan Hp lainnya? Kamu wajib banget untuk pindah ke tempat lain. Karena bisa saja tempat yang kamu diami itu tidak memiliki sinyal yang lancar. 

Cobalah untuk ke tempat yang lebih terbuka. Misalnya, kamu bisa pergi ke teras rumah, ke jalan, dan lainnya. Jika masih belum muncul sinyal 4G, kamu bisa pindah ke tempat lain. 

Tujuannya untuk memastikan apakah yang bermasalah adalah sinyal yang kurang kuat. Jika demikian maka kamu perlu bersabar hingga sinyal Telkomsel kembali normal. 

4. Upgrade Kartu Telkomsel ke 4G

sinyal 4G Telkomsel tidak muncul
Ilustrasi kartu Telkomsel 4G

Kenapa tidak muncul jaringan 4G Telkomsel? Bisa saja masalah seperti ini karena kamu belum upgrade kartu. Saat kartu lawas kamu belum diupgrade, maka jaringan yang didapat hanya 3G. 

Walaupun hp yang kamu gunakan sudah 4G atau 5G. Tetapi tetap saja perangkat hanya menerima sinyal 3G. Oleh karena itu, kamu bisa melakukan upgrade kartu Telkomsel terlebih dahulu.

Baca Juga: Cara Upgrade Kartu Telkomsel 3G ke 4G Online yang Paling Gampang

Silahkan upgrade melalui GraPARI terdekat ataupun secara online. Setelah kartu kamu diupgrade ke 4G, maka akan mendapatkan sinyal 4G Telkomsel. 

5. Restart Hp Android 

Cara mengatasi sinyal 4G tidak muncul yakni dengan merestart Hp Android. Metode ini sangat efektif apabila masalah yang dihadapi terletak pada perangkat. 

Karena saat Hp tengah error pada jaringannya, maka akan sulit menerima sinyal. Dengan melakukan restart, maka perangkat yang kamu gunakan akan terefresh dan normal kembali.  

Silahkan lakukan restart saja atau matikan selama beberapa saat. Kemudian kamu bisa nyalakan kembali. Dengan begitu Hp kamu kembali normal dan bisa menangkap sinyal 4G. 

Penutup

Permasalahan sinyal 4G Telkomsel tidak muncul memang kerap terjadi pada pengguna. Solusinya pun sebenarnya sangat beragam, kamu bisa menjajal solusi yang telah admin mulaidarimanaaja.com sampaikan di atas.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url