Kartu Telkomsel Tidak Ada Jaringan? Atasi Dengan Cara Berikut Ini

masalah kartu Telkomsel tidak ada jaringan
masalah kartu Telkomsel tidak ada jaringan

MULAISAJA - Pernahkah kamu mengalami masalah kartu Telkomsel tidak ada jaringan? Masalah seperti ini sering muncul dan membuat pengguna merasa resah. 

Karena dengan adanya masalah tersebut, pengguna tidak dapat melakukan panggilan telepon, mengirimkan SMS, dan tidak bisa mengakses internet. 

Jika hal ini dibiarkan, maka akan membuat pekerjaan jadi terhambat. Oleh sebab itulah, jika kamu mengalami masalah jaringan Telkomsel tidak ada, kamu wajib segera mengatasinya.

Sebelum mulai mengatasi masalah tersebut, kamu perlu menyimak beberapa penyebabnya terlebih dahulu berikut ini.

Penyebab Kartu Telkomsel Tidak Ada Jaringan Internet 

Tercatat, ada beberapa penyebab mengapa jaringan Telkomsel tidak ada. Adapun penyebab tersebut telah kami rangkum di bawah ini.

1. Pemasangan Kartu Tidak Sesuai 

Penyebab kenapa kartu Telkomsel tidak ada jaringan yang pertama yakni karena pemasangan kartu tidak sesuai. Biasanya kartu yang tidak sesuai dalam posisi miring atau tergeser. 

Jika penempatan kartu tidak sesuai maka konektor yang ada pada kartu tidak akan terhubung dengan smartphone. Sehingga HP yang kamu gunakan tidak akan mendapatkan sinyal atau jaringan. 

2. Pengguna Berada di Ruang Tertutup

Ketika kamu berada di sebuah ruangan tertutup juga bisa membuat jaringan hilang. Karena jaringan tersebut tidak dapat mengakses ke dalam ruangan tersebut.

Mengingat sinyal hanya bisa ditangkap dengan jelas ketika tidak ada penghalang. Apalagi jika ruangan yang kamu tempati begitu rapat. Maka kemungkinan besar tidak akan mendapatkan jaringan internet sama sekali.  

3. Cuaca Buruk 

Berikutnya, cuaca buruk yang terjadi juga menjadi pemicu jaringan Telkomsel hilang. Karena umumnya jaringan akan terganggu oleh medan magnet dari cuaca buruk.

Pengguna biasanya akan merasakan kesulitan untuk mendapatkan sinyal. Bahkan tak jarang pula jaringan Telkomsel berubah menjadi panggilan darurat. 

Hal inilah yang membuat kartu Telkomsel tidak mendapatkan jaringan sama sekali. Sedikit informasi, alangkah baiknya jika kamu tidak menggunakan smartphone saat kondisi cuaca buruk. 

4. Kartu Telkomsel Belum Diregistrasi

Penyebab kenapa kartu Telkomsel tidak ada jaringan internet yang selanjutnya yaitu karena kartu Telkomsel yang kamu gunakan belum diregistrasi.

Pemerintah memang telah mewajibkan pengguna SIM Card untuk melakukan registrasi menggunakan KTP dan KK. Apabila kartu yang kamu gunakan belum Diregistrasi maka tidak akan bisa digunakan.

5. Jaringan Telkomsel Sedang Error atau Gangguan

Belakangan banyak sekali pengguna yang bertanya-tanya, ada apa dengan jaringan Telkomsel hari ini 2023? Apakah Telkomsel sedang gangguan? 

Berdasarkan penelusuran yang kami lakukan, Telkomsel memang sering mengalami gangguan. Mungkin saja hal tersebut untuk meluncurkan fitur. 

Selain itu, bisa juga gangguan yang terjadi pada jaringan Telkomsel diakibatkan oleh proses pemeliharaan atau maintenance sistem. Jadi beberapa daerah atau seluruh daerah akan mengalami hal tersebut. 

Cara Mengatasi Kartu Telkomsel Tidak Ada Jaringan

Dari beberapa penyebab di atas, kami memiliki beberapa solusi yang dapat kamu terapkan. Solusi ini cukup mudah untuk kamu terapkan sendiri melalui Hp Android.

Tercatat, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah jaringan Telkomsel. Adapun cara tersebut telah kami rangkum di bawah ini.

masalah kartu Telkomsel tidak ada jaringan
masalah kartu Telkomsel tidak ada jaringan

1. Pastikan untuk Memasang Kartu dengan Benar

Kartu Telkomsel tidak bisa digunakan dan tidak ada jaringan bisa kamu atasi dengan memasang kartu Telkomsel dengan benar. Kamu bisa buka SIM tray terlebih dahulu. 

Setelah itu, posisikan SIM dengan benar. Jika sudah, kamu bisa mencobanya kembali. Dengan demikian maka jaringan yang tidak tersedia bisa teratasi. 

2. Pindah ke Daerah yang Terdapat Sinyal

Apabila kamu mengalami sinyal hilang dan tidak ada jaringan karena berada di tempat tertutup, kamu bisa mencoba pindah ke tempat lain terlebih dahulu. 

Silahkan pergi ke tempat yang sekiranya tidak tertutup. Dengan demikian maka hp akan mendapatkan sinyal dan kamu bisa memakainya untuk SMS, telepon, dan internet.

3. Jangan Gunakan HP Saat Cuaca Buruk

Ketika cuaca di daerah kamu sedang buruk, sebaiknya tidak menggunakan smartphone. Selain tidak mendapatkan jaringan, bermain hp saat cuaca buruk juga berbahaya. 

Karena sinyal dari hp bisa memicu terjadinya petir. Oleh sebab itu, kamu bisa tahan terlebih dahulu selama beberapa saat. Agar nantinya jaringan Telkomsel bisa kembali pulih.

4. Refresh atau Restart Jaringan Telkomsel 

Apabila kamu masih belum mendapatkan jaringan kartu Telkomsel, kamu bisa melakukan restart jaringan terlebih dahulu. Tujuannya agar jaringan terefresh dan bisa digunakan kembali.

Cara reset jaringan Telkomsel juga sangat mudah. Kamu hanya perlu mengaktifkan mode pesawat, kemudian mematikannya kembali. Dengan cara ini maka jaringan akan terefresh. 

Hal ini tentu memungkinkan untuk kartu Telkomsel kamu mendapatkan sinyal. Sehingga kamu bisa menggunakannya untuk nelpon, SMS, maupun untuk scroll media sosial.

5. Lakukan Registrasi

Masalah tidak ada jaringan pada kartu Telkomsel bisa kamu atasi dengan melakukan registrasi. Cara ini dilakukan ketika kamu belum melakukan registrasi dengan KK dan KTP.

Cara registrasi kartu Telkomsel juga sangat mudah, kamu bisa mengirimkan SMS ke 4444 dengan format: REG<spasi>NIK#Nomor KK#

Contoh: REG 1234567890123456#3201060401130027#

Sedangkan jika kamu hendak registrasi ulang, maka bisa kirim pesan SMS ke 4444 dengan format: ULANG<spasi>NIK#Nomor KK#

Contoh: ULANG 1234567890123456#3201060401130027#

6. Tunggu Sejenak 

Terakhir, kamu bisa menunggu sejenak apabila jaringan Telkomsel gangguan. Karena saat gangguan atau maintenance, kita tidak dapat melakukan apapun. 

Oleh sebab itu, kamu hanya perlu menunggu sejenak hingga proses maintenance telah selesai. Sembari menunggu Telkomsel maintenance, kamu bisa mainkan game atau melakukan aktivitas lainnya.

Penutup

Masalah jaringan Telkomsel yang hilang dan tidak ada jaringan memang menyebalkan. Tetapi sekarang kamu bisa mengatasinya dengan mudah. 

Demikianlah beberapa penyebab dan cara mengatasi kartu Telkomsel tidak ada jaringan. Kamu bisa mencoba sendiri tips tersebut agar bisa mengatasi masalah tersebut.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url