Cara Mengatasi Kartu Telkomsel Tidak Bisa Menerima SMS dan Telepon

kartu Telkomsel tidak bisa menerima SMS dan Telepon
kartu Telkomsel tidak bisa menerima SMS dan Telepon

MULAISAJA - Pernahkah kamu mengalami masalah kartu Telkomsel tidak bisa menerima SMS dan Telepon? Masalah seperti ini memang membuat jengkel, karena kita tidak bisa memakai berkomunikasi sama sekali. 

Parahnya lagi, kamu tidak bisa membuka internet. Karena terkadang sinyalnya juga ikutan hilang. Jika hal ini terjadi, tentu bisa menghambat aktivitas kamu. 

Pekerjaan jadi terhambat akibat masalah tidak bisa menerima SMS dan telepon. Jika kamu mengalami hal semacam ini, tentunya wajib untuk segera memperbaiki. 

Akan tetapi sebelum memperbaiki masalah tidak bisa mengirim dan menerima SMS atau telepon, kamu harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

Penyebab Kartu Telkomsel Tidak Bisa Menerima Telepon dan SMS 

Tercatat ada beberapa penyebab dari kartu Telkomsel yang tidak dapat digunakan untuk menerima atau mengirimkan SMS dan telepon. Adapun beberapa penyebab tersebut telah kami rangkum berikut ini.

1. Jaringan Buruk

Kartu Telkomsel baru tidak ada jaringan bisa disebabkan oleh kualitas jaringan yang sedang buruk. Ketika di daerah kamu jaringannya buruk maka akan menghambat sinyal. 

Nah ketika sinyal kartu Telkomsel terhambat, maka akan sulit untuk menerima Telepon maupun SMS. Hal ini juga yang akan membuat Hp cepat panas dan baterai cepat berkurang. 

Apabila kamu merasakan hal seperti ini, sebaiknya matikan data seluler. Tujuannya agar hp tidak terlalu bekerja keras mencari sinyal.

2. Terjadi Bug pada Sistem

Masalah yang selanjutnya yakni karena adanya bug pada sistem Telkomsel. Tak dapat dipungkiri bahwa sebuah sistem tidak akan terhindar dari yang namanya bug. 

Bug ini bisa terjadi akibat pihak Telkomsel tengah melakukan pembaruan sistem atau bahkan pembaruan jaringan. Umumnya masalah bug ini berjalan tidak terlalu lama. 

Berdasarkan pengalaman kami, bug ini hanya berlangsung selama.1-2 jam saja. Setelah itu, maka bug akan terselesaikan dengan segera. 

3. Kartu Telkomsel dalam Masa Tenggang atau Tidak Aktif 

Kartu SIM tidak bisa menerima SMS dan Telepon bisa disebabkan oleh kartu yang sudah mati atau masa aktif dalam masa tenggang. 

Kartu yang sedang dalam masa tenggang umumnya akan susah untuk digunakan. Bahkan orang lain yang menelepon atau mengirimkan SMS juga akan terkendala.  

Masa tenggang kartu biasanya hanya sekitar 30 hari. Ketika kamu tidak melakukan pengisian pulsa, maka kartu tersebut akan langsung mati dan tidak aktif.

4. Kartu Telkomsel Belum Registrasi 

Apabila masalah yang kamu alami berupa kartu Telkomsel tidak bisa digunakan, bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh kartu SIM yang belum diregistrasi dengan Nomor KTP dan KK.

Karena pemerintah telah mewajibkan pemilik kartu SIM untuk melakukan registrasi dengan KTP. Tujuannya untuk menghindari penipuan yang marak meneror masyarakat. 

Ketika pengguna belum melakukan registrasi kartu SIM Telkomsel, maka tidak akan bisa digunakan. Bahkan pengguna tidak akan mendapatkan sinyal sama sekali. 

Kartu Telkomsel Tidak Bisa Menerima SMS dan Telepon

Dari beberapa penyebab di atas, kami telah menyimpan beberapa cara yang paling efektif untuk memperbaiki masalah tak bisa terima SMS dan Telepon.

Cara ini bisa kamu terapkan sendiri melalui smartphone Android yang digunakan. Adapun beberapa cara tersebut telah kami rangkum berikut ini. 

kartu Telkomsel tidak bisa menerima SMS dan Telepon
kartu Telkomsel tidak bisa menerima SMS dan Telepon

1. Cek Sinyal Telkomsel 

Cara pertama, kamu harus memeriksa sinyal terlebih dahulu. Pastikan apakah jaringan di daerah kamu tengah terjadi masalah atau tidak. 

Selain itu, kamu bisa mencoba keluar rumah sebentar untuk memastikan apakah hp kamu menangkap sinyal Telkomsel atau tidak. Jika tidak, kamu bisa beralih ke tempat lain.

Ketika kamu berpindah tempat dan mendapatkan sinyal Telkomsel, maka kartu tersebut bisa digunakan untuk menerima SMS dan telepon. 

2. Restart Hp

Cara mengatasi kartu Telkomsel tidak bisa telpon dan cek pulsa bisa dilakukan dengan melakukan restart Hp. Langkah ini cukup efektif untuk menghilangkan bug di Hp. 

Selain itu, dengan melakukan restart Hp, maka jaringan Telkomsel juga akan kembali. Hal ini memungkinkan kamu untuk bisa memperoleh sinyal Telkomsel. 

Dengan begitu maka kamu akan bisa menggunakan kartu Telkomsel untuk melakukan panggilan, internetan, atau bahkan SMS.

3. Aktifkan Kartu Telkomsel 

Berikutnya kamu bisa melakukan aktivasi kartu. Cara ini dilakukan apabila kartu Telkomsel kamu masuk dalam masa tenggang (belum diblokir Telkomsel). 

Ketika dalam masa tenggang maka tidak bisa digunakan untuk mengirim atau menerima SMS. Oleh karena itu kamu perlu mengaktifkan terlebih dahulu. 

Cara aktivasi kartu Telkomsel juga sangat mudah. Kamu hanya perlu mengisi pulsa dengan jumlah minimal 5000. Nantinya kartu Telkomsel milikmu akan mendapatkan masa aktif tambahan.

4. Registrasi Kartu Telkomsel 

Terakhir, kamu perlu melakukan registrasi kartu Telkomsel. Karena registrasi dengan KK dan KTP sudah menjadi kewajiban para pengguna kartu perdana.

Lantas bagaimana cara registrasi kartu Telkomsel? Kamu bisa mengikuti tahapan-tahapan berikut. 

Pertama, kamu bisa mengirimkan SMS ke 4444 dengan format: REG<spasi>NIK#Nomor KK#

Contoh: REG 1234567890123456#3201060401130027#

Cara di atas dapat dilakukan jika kartu Telkomsel yang digunakan adalah kartu perdana baru. Untuk kartu perdana lama, kamu bisa melakukan registrasi ulang dengan cara sebagai berikut.

Kamu hanya perlu mengirimkan pesan SMS ke 4444 dengan format: ULANG<spasi>NIK#Nomor KK#

Contoh: ULANG 1234567890123456#3201060401130027#

Setelah diregistrasi, maka kartu Telkomsel akan aktif dan bisa mendapatkan sinyal. Jadi kamu bisa menggunakannya untuk nelpon dan SMS.

Penutup

Beberapa penyebab dari kartu Telkomsel yang tidak dapat digunakan bisa kamu perhatikan. Agar nantinya tidak terjadi masalah seperti yang kami sebutkan di atas.

Selain itu, kamu bisa langsung menerapkan cara mengatasi kartu Telkomsel tidak bisa menerima SMS dan Telepon di Hp dengan sangat mudah. Semoga informasi kali ini bisa bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url