Pertama Kali Internet Digunakan Secara Komersial di Indonesia Pada Tahun? Simak Jawaban Berikut

Pertama kali Internet digunakan secara komersial di Indonesia pada tahun
Pertama kali Internet digunakan secara komersial di Indonesia pada tahun

MULAISAJA - Pertama kali Internet digunakan secara komersial di Indonesia pada tahun 90-an. Tahun tersebut kondisi Indonesia sudah terbebas dari penjajahan Belanda maupun Jepang. 

Seperti yang kita tahu, Internet merupakan sebuah jaringan komunikasi. Jaringan ini mencakup secara global dan terbuka. Dengan adanya jaringan internet, maka dapat menghubungkan berbagai perangkat di belahan dunia. 

Internet memang sangat bermanfaat bagi manusia. Karena dengan adanya internet, maka pekerjaan manusia akan menjadi lebih mudah dan ringan. 

Misalnya saja seorang penulis, ia akan lebih mudah mempublikasikan karyanya melalui internet. Ada hal yang menarik dari kehadiran Internet di Indonesia.

Sejarah internet Indonesia sendiri dimulai pada awal tahun 1990an, tepatnya pada tahun 1994. Saat itu, internet memiliki nama Paguyuban Network. 

Nama tersebut diambil karena pada masa itu banyak sekali orang yang bekerja sama, saling gotong royong untuk mengembangkan internet. Hingga akhirnya pengguna internet semakin individualis karena Internet mulai diperjualbelikan di Indonesia. 

Sebenarnya keberadaan internet di Indonesia dipelopori oleh Universitas Indonesia. Pada tahun 1984 UINet secara resmi tersambung dengan UUNet hang merupakan salah satu Penyedia Layanan Internet (Internet Service Provider) pertama dan terbesar yang ada di Indonesia.

Kemudian di tahun sebelumnya, tepatnya pada 1983, Joseph Luhukay yang merupakan akademisi dari Departemen Ilmu Komputer Universitas Indonesia, mengembangkan koneksi internet pertama di Indonesia. 

Hingga akhirnya, di tahun 1988, Universitas Indonesia mendaftarkan Protokol Internet pertama di Indonesia. Adapun Protokol Internet tersebut yakni UI-NETLAB (192.41.206/24).

Pada masa itu, Indonesia menjadi negara pertama di Asia yang memiliki dan terhubung dengan jaringan internet global.

Perkembangan internet semakin menjadi-jadi, pada tahun 1993, Onno Purbo kemudian mengembangkan sebuah jaringan computer melalui frekuensi radio.

Sementara di tahun 1994, terciptalah Internet Service Provider di Indonesia. Perusahaan penyedia layanan internet saat itu bernama PT Indo Internet (IndoNet)

Dari periode inilah, internet mulai digunakan secara komersial (diperjualbelikan) di Indonesia. Bahkan pada tahun 1996, bisnis warung internet (warnet) mulai tumbuh dan merajalela.

Jadi sudah sangat jelas, pertama kali Internet digunakan secara komersial di Indonesia pada tahun 1994. Sedangkan keberadaan internet di Indonesia sudah ada sejak 1983.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url