Fasilitas Internet yang Dapat Digunakan Untuk Mentransfer Data Adalah FTP, Apa Itu?

fasilitas internet yang dapat digunakan untuk mentransfer data
fasilitas internet yang dapat digunakan untuk mentransfer data

MULAISAJA - Dalam dunia internet, fasilitas internet yang dapat digunakan untuk mentransfer data adalah FTP atau yang dikenal dengan File Transfer Protocol. 

Secara umum, FTP (File Transfer Protocol) merupakan sebuah protokol yang dirancang untuk menghubungkan ke server tertentu maupun ke komputer. 

Sehingga nantinya pengguna bisa menyimpan file ke komputer (download) atau bisa juga untuk mengirimkan file ke server (upload). Jadi FTP ini digunakan untuk memindah file dari satu tempat ke tempat lainnya. 

Berdasarkan informasi yang kami dapatkan, FTP ini menjadi protokol tertua yang masih digunakan. Hal ini karena pengguna merasa lebih nyaman dan efektif untuk memindahkan file.

Jika ditinjau dari segi fungsinya, ada dua jenis FTP, yakni FTP server dan FTP Client. 

Pertama, FTP Server merupakan sebuah server yang menjalankan software (aplikasi). Server tersebut dapat menyediakan layanan tukar menukar ketika ada permintaan dari FTP client. 

Sementara untuk FTP client yakni perangkat komputer yang kamu gunakan oleh pengguna untuk melakukan aktivitas di internet seperti download, upload, rename, delete, dan lain sebagainya.

Dari penjelasan di atas, maka dapat kita simpulkan bahwa secara garis besar FTP berguna untuk melakukan proses upload file ke internet. 

Selain itu, FTP juga memiliki fungsi lain yaini berupa mengunduh file dari internet ke dalam komputer pribadi.

Sekarang sudah tahu fasilitas internet yang dapat digunakan untuk mentransfer data adalah apa? Semoga informasi kali ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url