Cara Registrasi Kartu Telkomsel Lewat Telepon Android dengan Mudah

cara registrasi kartu Telkomsel lewat telepon seluler
cara registrasi kartu Telkomsel lewat telepon seluler

MULAISAJA - Pengguna Telkomsel perlu mengetahui cara registrasi kartu Telkomsel lewat telepon seluler. Agar nantinya bisa menggunakan kartu tersebut untuk menelpon, SMS, dan internetan. 

Karena berdasarkan peraturan Menkominfo No.12/2016, Pemerintah mewajibkan semua pengguna kartu perdana untuk melakukan registrasi dengan Nomor Induk Kependudukan. 

Tercatat, aturan ini berlaku sejak tahun 2017 lalu. Oleh sebab itulah, kamu wajib melakukan registrasi terlebih dahulu sebelum menggunakan kartu perdana. 

Cara registrasi kartu Telkomsel 2023 sebenarnya sangat mudah. Kamu hanya perlu menggunakan kode UMB atau kode dial dan menggunakan SMS.

Kami akan mengulas semua caranya untuk kamu semua. Namun sebelum itu, kami akan bahas permasalahan pengguna yang tidak bisa melakukan registrasi kartu Telkomsel. 

Kenapa Registrasi Kartu Telkomsel Gagal?

Mungkin kamu pernah mengalami masalah tidak bisa registrasi kartu perdana. Masalah ini tentu sangat menjengkelkan karena kita tidak bisa menggunakan kartu tersebut. 

Sebenarnya apa sih penyebab dari kartu Telkomsel yang tidak bisa melakukan registrasi? Mengapa saat melakukan registrasi selalu gagal. 

Berdasarkan penelusuran yang kami lakukan, ada beberapa penyebab yang membuat pengguna gagal melakukan registrasi. Pertama, karena pengguna salah memasukkan kode atau nomor KK dan KTP. 

Nomor KK dan KTP umumnya terdiri dari 16 digit angka. Kamu wajib memasukkan nomor tersebut dengan benar agar berhasil melakukan registrasi. 

Selain itu, bisa jadi KTP yang kamu gunakan sudah maksimal. Artinya, KTP tersebut telah digunakan untuk registrasi kartu perdana sebanyak 3 kali. 

Ketika KTP sudah dipakai dan nomor telepon masih aktif, maka kamu tidak bisa menggunakan KTP tersebut untuk melakukan pendaftaran atau register. 

Oleh sebab itu, sebaiknya pastikan terlebih dahulu bahwa KTP yang digunakan belum dipakai untuk registrasi. Agar nantinya kamu bisa mendaftarkan kartu Telkomsel. 

Cara Registrasi Kartu Telkomsel Lewat Telepon Android 

Apabila kamu telah memahami beberapa penyebab kegagalan registrasi di atas, selanjutnya kamu bisa mencoba untuk melakukan registrasi. 

Cara registrasi kartu Lewat telepon ini cukup mudah, kamu bisa menggunakan kode, SMS, maupun daftar via online. Tentunya tahapannya akan sangat berbeda. 

Kira-kira seperti apa sih proses pendaftaran dan registrasi kartu Telkomsel? Mari ikuti langkah-langkah yang telah kami rangkum berikut ini. 

cara registrasi kartu Telkomsel lewat telepon Android
cara registrasi kartu Telkomsel lewat telepon Android

1. Registrasi Kartu Melalui SMS

Pertama, kamu bisa gunakan SMS untuk melakukan registrasi. Cara ini cukup mudah, karena kamu hanya mengirimkan pesan singkat SMS.

Kira-kira seperti apa sih cara registrasi Telkomsel lewat SMS? Mari simak tahapan-tahapan berikut ini. 

  • Pertama, buka aplikasi SMS yang ada di Hp kamu. 
  • Selanjutnya kamu bisa menulis pesan dengan format: REG (spasi) NIK#nomor KK#
  • Kemudian kirim ke nomor 4444
  • Sebagai Contoh: REG 1234567887654321#8765432112345678# 
  • Lalu klik kirim ke nomor 4444

Silahkan tunggu sejenak untuk proses pengaktifan kartu Telkomsel. Jika registrasi berhasil, maka akan ada SMS masuk yang berisi bahwa Regis kartu Telkomsel berhasil. 

Cara tersebut digunakan untuk melakukan registrasi kartu Telkomsel baru. Sementara untuk registrasi kartu Telkomsel lama atau sudah hangus, ada cara-cara tersendiri.

Lantas seperti apa cara registrasi kartu Telkomsel yang sudah hangus? Mari ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Pertama buka aplikasi SMS di Hp kamu.
  • Kemudian tulis pesan dengan format: ULANG (spasi) NIK#nomor KK#
  • Kemudian kirim ke nomor 4444
  • Sebagai Contoh: ULANG 1234567887654321#8765432112345678# 
  • Terakhir, klik kirim ke nomor 4444
  • Dengan begitu maka kartu yang lama akan kembali teregistrasi. 

2. Gunakan Kode Registrasi Kartu Telkomsel

Cara selanjutnya yakni dengan menggunakan kode UMB atau kode dial. Dengan cara ini, kamu tidak perlu mengirimkan pesan SMS ke nomor 4444. 

Cara registrasi kartu Telkomsel tanpa SMS ini juga sangat mudah. Kamu hanya perlu ketik kode *444# lalu pilih menu registrasi. 

Setelah itu, silahkan masukkan nomor NIK dan KK milikmu. Dengan begitu, maka registrasi dan pengaktifan kartu Telkomsel akan segera diproses. 

3. Registrasi Kartu Telkomsel Secara Online

Berikutnya kamu bisa menggunakan cara registrasi kartu Telkomsel secara online. Dalam cara ini, kamu hanya perlu mengakses situs resmi milik Telkomsel secara online. 

Kamu bisa gunakan browser yang ada di Hp maupun di laptop. Sebelum mulai melakukan registrasi, pastikan untuk mempersiapkan nomor KTP dan KK. 

Karena kedua item ini sangat penting dan wajib untuk melakukan registrasi. Lantas bagaimana cara registrasi Telkomsel secara online? Kamu bisa kunjungi situs resmi Telkomsel, kemudian pilih registrasi. 

Pada bagian tersebut, kamu bisa masukkan nomor kartu yang hendak diregistrasi, kemudian nomor KTP dan KK. Ikuti proses tersebut hingga selesai, dengan begitu kamu akan mendapatkan notifikasi bahwa registrasi telah berhasil.

4. Melalui Panggilan Telepon

Terakhir, kamu bisa melakukan registrasi Telkomsel melalui panggilan telepon call center 188. Dalam cara ini, kamu hanya perlu menghubungi call center Telkomsel. 

Setelah terhubung, silahkan informasikan bahwa kamu hendak melakukan registrasi. Jangan lupa untuk mempersiapkan nomor KTP dan KK. Dengan begitu, CS akan mulai melakukan aktivasi kartu perdana Telkomsel milikmu. 

Sekedar informasi, selain beberapa cara di atas, ada juga cara lain untuk registrasi Telkomsel. Misalnya saja melalui GraPARI terdekat dan melalui Asisten Virtual Telkomsel di Line, Facebook, dan Telegram.

Penutup

Registrasi kartu perdana Telkomsel memang wajib dilakukan sebelum menggunakan kartu tersebut. Bagi pelanggan baru dan pelanggan lama, bisa melakukan registrasi dengan beberapa cara di atas.

Kamu hanya perlu menerapkan cara registrasi kartu Telkomsel lewat telepon Android yang telah kami bagikan. Semoga informasi yang kami bagikan ini bisa menambah wawasan dan bisa bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url