Mengenal Email, Aplikasi Internet yang Digunakan Untuk Mengirimkan Surat Dalam Bentuk Elektronik

aplikasi internet yang digunakan untuk mengirimkan surat dalam bentuk elektronik
aplikasi internet yang digunakan untuk mengirimkan surat dalam bentuk elektronik

MULAISAJA - Dalam dunia komputer dan internet, aplikasi internet yang digunakan untuk mengirimkan surat dalam bentuk elektronik dinamakan dengan Email atau Elektronik Mail. 

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan yang namanya Email. Saat ini kita menggunakan email untuk mengirimkan pesan, melakukan konfirmasi atau verifikasi, dan lain sebagainya.

Pengertian Email atau Elektronik mail sendiri merupakan sebuah alat komunikasi berbasis internet yang bisa digunakan untuk mengirimkan surat secara elektronik.

Dengan adanya email, maka kita bisa menyusun dan mengirimkan surat dalam bentuk elektronik. Selain itu, kita juga dapat mengelola pesan tersebut secara mudah, aman, dan tenang. 

Pada awal perkembangan teknologi, email menjadi alat komunikasi utama setelah telepon. Kemudian keberadaan email mulai tergusur oleh SMS. Aplikasi SMS juga mulai sirnah karena kehadiran BlackBerry Messenger dan WhatsApp.  

Pada dasarnya Email ini berfungsi untuk mengirim dan menerima pesan. Seperti pesan teks, dokumen, foto, hingga video. Hanya saja, ada keterbatasan ukuran file yang bisa dikirim melalui email. 

Aplikasi yang satu ini juga memiliki keunggulan tersendiri, misalnya saja dapat mengirim pesan ke beberapa orang sekaligus, dapat digunakan melalui berbagai perangkat (Hp, laptop, PC). 

Selain itu, email juga memiliki keunggulan berupa bisa digunakan oleh siapapun, kapanpun, dan dimanapun. Bahkan aplikasi ini dapat digunakan sebagai arsip data. 

Tercatat, ada dua jenis aplikasi email yang banyak digunakan, yaitu Gmail (Google Mail) dan Microsoft Outlook. 

Sesuai namanya, Gmail merupakan aplikasi email yang dibuat oleh Google. Sedangkan Microsoft Outlook merupakan aplikasi email yang dibuat oleh Microsoft. Keduanya memiliki fungsi yang sama, yaini mengirimkan dan menerima pesan. 

Sekarang sudah tahu aplikasi internet yang digunakan untuk mengirimkan surat dalam bentuk elektronik disebut dengan apa? Semoga informasi kali ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url