2 Cara Upgrade Kartu Telkomsel 3G ke 4G Online yang Paling Gampang

cara upgrade kartu Telkomsel 3G ke 4G online
ilustrasi upgrade kartu Telkomsel

MULAISAJA - Masih bingung bagaimana cara upgrade kartu Telkomsel 3G ke 4G online? Duh, jangan sampai kamu tidak tahu caranya deh. Karena melakukan upgrade kartu saat ini begitu mudah banget. 

Melakukan upgrade kartu saat ini bisa kita lakukan lewat online. Jadi kamu tidak perlu datang ke GraPARI. Hal ini tentunya bisa menghemat waktu kamu yang selalu sibuk. 

Apakah kartu Telkomsel 3G masih bisa digunakan? Pada akhir 2021, Kementerian Komunikasi dan Informasi atau Kominfo telah memberlakukan aturan untuk menonaktifkan sinyal 3G pada layanan operator seluler di Indonesia.

Oleh sebab itu, pengguna yang masih memakai 3G, wajib mengupgradenya dengan segera. Namun sebelum itu, kamu perlu menyimak persyaratan yang diperlukan terlebih dahulu. 

Syarat Upgrade Kartu 3G ke 4G Telkomsel

cara upgrade kartu Telkomsel 3G ke 4G online
Persyaratan upgrade kartu Telkomsel

Sebelum melakukan upgrade kartu, tentunya kamu harus memperhatikan persyaratannya terlebih dahulu. Karena jika pengguna tidak memenuhi persyaratan tersebut, maka tidak akan bisa upgrade kartu. 

Tercatat ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh pengguna. Beberapa persyaratan tersebut telah kami rangkum di bawah ini.

  • Pertama, kartu Telkomsel telah aktif lebih dari 6 bulan. 
  • Siapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Siapkan juga Kartu Keluarga (KK)
  • Kemudian Foto diri (bagian wajah)
  • Alamat email
  • Nomor Telkomsel yang akan diupgrade. 
  • Siapkan uang untuk biaya upgrade kartu Telkomsel. 

Mungkin kamu penasaran, berapa biaya ganti kartu 3G ke 4G Telkomsel? Untuk biayanya sendiri sebenarnya GRATIS! Hanya saja kamu perlu mengeluarkan uang untuk biaya ongkos kirim kartu Telkomsel. 

Kartu upgrade 4G akan dikirimkan ke alamat kamu. Jadi kamu perlu bayar ongkos kirim tersebut. Berbeda lagi jika kamu melakukan upgrade di GraPARI. 

Biaya upgrade kartu Telkomsel di GraPARI adalah gratis. Hanya saja, kamu perlu datang ke lokasi GraPARI dan hal tersebut tentu sangat ribet. Selain itu prosesnya juga memakan banyak waktu. 

Cara Upgrade Kartu Telkomsel 3G ke 4G Online

Melakukan penggantian kartu ke 4G sangat mudah sekali. Pengguna dapat menggantinya melalui situs resmi maupun melalui marketplace. 

Keduanya tentu sangat mudah untuk diterapkan. Adapun untuk tutorial lebih lengkapnya, kamu bisa menyimak pembahasan mulaidarimanaaja.com berikut ini.

1. Upgrade Lewat Situs Resmi Telkomsel

Cara mengubah kartu 3G ke 4G Telkomsel tanpa ke GraPARI bisa dilakukan melalui situs resmi Telkomsel. Dalam cara ini, kamu hanya perlu mengakses situs resminya lalu memilih layanan upgrade kartu.

Nantinya kamu akan diperintahkan untuk memasukkan nomor Telkomsel yang hendak diupgrade. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa mengikuti tutorial mulaidarimanaaja.com berikut ini.

cara upgrade kartu Telkomsel 3G ke 4G online
proses upgrade kartu Telkomsel ke 4G

  • Langkah pertama, silahkan buka browser lalu kunjungi halaman https://my.telkomsel.com/sim-replacement?_ga=2.23507130.1816867081.1627878957-1656266240.1626310224
  • Pada halaman tersebut, kamu bisa masukkan nomor Telkomsel dan email. 
  • Jika sudah klik lanjutkan. 
  • Kemudian kamu bisa melakukan foto selfie sesuai perintah. 
  • Masukkan juga nomor NIK dan KK
  • Silahkan ikuti instruksinya hingga selesai. 
  • Nantinya kartu Telkomsel 4G akan dikirimkan ke alamat kamu. 

Sekedar informasi, pada cara ini kamu hanya perlu membayar ongkos kirim kartu saja. Jadi untuk kartu Telkomsel yang kamu upgrade tidak dikenakan biaya sama sekali.

Pembayaran dilakukan saat kamu selesai memasukkan data-data. Nantinya akan muncul jumlah tagihan yang bisa dibayar. Silahkan bayar melalui transfer Bank, dompet digital, maupun lewat merchant.  

2. Upgrade Lewat Marketplace 

Selain lewat situs resminya, kamu juga bisa ganti kartu Telkomsel online lewat marketplace. Kamu tidak salah dengar kok, kita memang bisa melakukan upgrade kartu di marketplace. 

Dalam cara ini, kamu hanya perlu membeli kartu khusus upgrade 4G di official store Telkomsel. Kamu bisa memanfaatkan marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, hingga JD ID. 

Untuk link upgrade kartu Telkomsel 4G di Shopee bisa kamu akses tautan berikut: https://shopee.co.id/product/288238647/3945845879?smtt=0.0.3

Bagi pengguna Tokopedia, kamu bisa upgrade kartu Telkomsel 4G melalui tautan berikut: https://www.tokopedia.com/telkomsel/kartu-upgrade-4g-telkomsel-makin-untung-hingga-30gb-1-bulan

Pengguna Bukalapak juga bisa upgrade kartu Telkomsel 4G melalui tautan berikut: https://www.bukalapak.com/p/handphone/kartu-perdana/2a11jha-jual-kartu-perdana-upgrade-telkomsel-3g-ke-4g?from=brand-page&keyword=&product_owner=seller_brand

Setelah kamu membeli kartu upgrade dari marketplace, silahkan ikuti langkah-langkah mulaidarimanaaja.com berikut. 

1. LANGKAH Pertama dari Kartu Lama Kamu:

  • Hubungi *888*46# 
  • kemudian pilih opsi “1. Ya, Terima PIN 4G”
  • Nantinya PIN 4G akan dikirimkan melalui SMS.
  • Catat baik-baik PIN tersebut. 
  • Setelah itu, silahkan ganti kartu lama kamu dengan kartu 4G yang telah dibeli. 

2. LANGKAH Kedua dari Kartu Upgrade 4G:

  • Hubungi *888*46#
  • Kemudian masukkan PIN 4G yang telah kamu catat sebelumnya. 
  • Nantinya proses upgrade kartu akan berjalan. 
  • Jika berhasil, maka akan ada notifikasi SMS bahwa Upgrade kartu 4G Telkomsel telah berhasil. 

Penutup

Provider Telkomsel menyuguhkan layanan untuk update kartu. Layanan tersebut bisa dilakukan melalui GraPARI maupun lewat online. Tentunya pengguna bisa lebih lega saat melakukan penggantian kartu. 

Apalagi cara upgrade kartu Telkomsel 3G ke 4G online juga sangat mudah. Kamu bisa menerapkan beberapa cara yang telah kami sampaikan di atas. Semoga informasi yang kami bagikan ini bisa bermanfaat ya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url