Penyebab Kenapa Pulsa Telkomsel Berkurang Sendiri Padahal ada Kuota

Penyebab Kenapa Pulsa Telkomsel Berkurang Sendiri Padahal ada Kuota
Pulsa Telkomsel berkurang sendiri

MULAISAJA - Akhir-akhir ini banyak pengguna yang kebingungan kenapa pulsa Telkomsel berkurang sendiri padahal ada kuota. Masalah seperti ini sering terjadi pada pengguna Telkomsel. 

Penyebab dari masalah tersebut juga beragam, misalnya saja karena ada langganan yang aktif, hingga adanya fitur yang aktif tanpa diketahui. 

Masalah pulsa Telkomsel berkurang sendiri memang wajib kita ketahui. Agar nantinya kita bisa tahu solusi dari permasalahan tersebut seperti apa.

Baca Juga: Cara Mengatasi Pulsa Telkomsel Berkurang Sendiri

Karena jika kita tidak mengatasinya dengan cepat, maka bisa saja pulsa kamu akan langsung habis ketika baru diisi. Nah karenanya, admin mulaidarimanaaja.com telah menyiapkan alasan dan solusinya di bawah ini.

Alasan Kenapa Pulsa Telkomsel Berkurang Sendiri Padahal Ada Kuota

Seperti yang telah kami singgung di atas, ada beberapa penyebab masalah pulsa berkurang sendiri. Penyebab ini bisa terjadi karena kesalahan sistem maupun ada paket yang aktif. 

Kira-kira apa saja sih penyebab pulsa Telkomsel langsung habis sendiri? Yuk simak beberapa penyebab dan solusinya yang telah kami rangkum berikut.

1. Kartu Telkomsel Berlangganan NSP

Penyebab Kenapa Pulsa Telkomsel Berkurang Sendiri Padahal ada Kuota
penyebab pulsa Telkomsel berkurang sendiri

Penyebab pertama yakni karena kamu melakukan langganan NSP. Seperti yang kita tahu, NSP atau Nada Sambung Pribadi merupakan layanan yang dimiliki oleh provider Telkomsel.  

Layanan ini dapat memberikan lagu untuk menggantikan nada tunggu ketika panggilan telepon sedang berlangsung. Hanya saja, NSP ini sifatnya langganan dan bisa diperpanjang secara otomatis. 

Baca Juga: Cara Agar Pulsa Tidak Tersedot Saat Menyalakan Data

Hal inilah yang membuat pulsa kamu cepat habis walaupun tidak digunakan. Cara STOP pulsa terpotong Telkomsel juga sangat mudah. Kamu bisa buka aplikasi SMS di hp.  

Setelah itu ketik OFF pada bagian isi. Kemudian kirim ke nomor 1212. Contohnya: OFF lalu kirim ke 1212. Dengan begitu kamu akan terbebas dari langganan NSP Telkomsel.

2. Langganan Paket Data dan Nonton

Alasan kenapa pulsa cepat habis padahal tidak digunakan yakni karena ada langganan paket data dan nonton yang aktif. Bisa saja kamu berlangganan Netflix bulanan, Disney, VIU, WeTV, dan lainnya. 

Ketika kamu berlangganan tetapi tak kunjung bayar, maka akan secara otomatis memotong pulsa yang kamu miliki. Pulsa tersebut bakal terpotong tanpa persetujuan dan konfirmasi dari kamu. 

Cara berhenti berlangganan Telkomsel yang menyedot pulsa yakni dengan mengecek paket dan aplikasi langganan. Kemudian silahkan pilih berhenti paket tersebut. 

3. GPRS Telkomsel Aktif 

Penyebab yang berikutnya yakni karena GPRS kamu aktif. GPRS sendiri adalah singkatan dari General Packet Radio Service. 

Fungsinya yakni untuk mengirim dan menerima data agar terasa lebih cepat ketimbang memakai teknologi lain seperti Circuit Switch Data (CSD).

Baca Juga: Kenapa Kuota Cepat Habis Padahal Tidak Dipakai

Ketika GPRS aktif, maka akan menyedot kuota dan pulsa kamu. GPRS Telkomsel sedot Pulsa bisa kamu atasi dengan cara menonaktifkannya. 

Untuk menonaktifkan GPRS Telkomsel bisa menggunakan dial *363#. Kemudian Pilih "berhenti", lalu pilih "Stop Internet", terakhir kamu bisa pilih menu Stop Akses/Profile Internet. 

4. Live Wallpaper Aktif 

Penyebab Kenapa Pulsa Telkomsel Berkurang Sendiri Padahal ada Kuota
Penyebab pulsa Telkomsel berkurang sendiri

Kenapa pulsa Telkomsel berkurang sendiri padahal tidak berlangganan? Masalah yang selanjutnya bisa jadi karena kamu mengaktifkan fitur live wallpaper otomatis di hp Android. 

Fitur live wallpaper sendiri merupakan fitur yang cukup unik. Karena wallpaper akan berganti-ganti sendiri tanpa kita ubah. Namun fitur ini ternyata menyedot pulsa dan kuota loh. 

Ketika kamu mengaktifkan fitur live wallpaper, maka kuota kamu akan terkuras. Nah apabila kamu tidak mengaktifkan data seluler, maka yang akan terpotong adalah pulsa kamu.

Baca Juga: Cara Mengecek Hutang Pulsa Telkomsel

Oleh sebab itu, sebaiknya segera nonaktifkan fitur live wallpaper. Silahkan ganti saja dengan wallpaper statis agar pulsa kamu tetap aman dan tidak cepat habis.

Cara Mengembalikan Pulsa yang Tersedot Telkomsel

Mungkin kamu pernah bertanya-tanya, apakah kita bisa mengembalikan pulsa yang telah tersedot. Karena jumlah pulsa yang habis tanpa sisa cukup banyak. 

Wajar saja, pulsa tersebut dibeli menggunakan uang hasil keringat sendiri. Sehingga walaupun cuma 5000, tetapi begitu berharga dan berarti sekali. 

Namun sayangnya, tidak ada cara yang bisa kita lakukan untuk mengembalikan pulsa tersebut. Kamu hanya bisa ikhlas menerima bahwa pulsa tersebut telah habis.

Solusi yang bisa kamu lakukan yakni dengan menerapkan cara cek kenapa pulsa Telkomsel berkurang sendiri. Apakah yang menjadi penyebab adalah langganan paket data atau justru ada penyebab lain. 

Silahkan cek saja satu persatu agar kamu tahu akar permasalahannya. Dengan begitu, pulsa dan kuota kamu bisa lebih aman dan tidak cepat habis. 

Penutup 

Beberapa penyebab kenapa pulsa Telkomsel berkurang sendiri padahal ada kuota di atas mungkin bisa kamu analisia terlebih dahulu. Sehingga kamu bisa tahu permasalahan yang ada pada kartu Telkomsel milikmu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url