Penyebab Kenapa Kuota Cepat Habis Padahal Tidak Dipakai

kenapa kuota cepat habis padahal tidak dipakai
Ilustrasi kuota cepat habis padahal tidak digunakan

MULAISAJA - Sudah tahu belum apa saja alasan kenapa kuota cepat habis padahal tidak dipakai? Jangan sampai kamu tidak tahu penyebabnya ya, karena nantinya susah untuk diatasi. 

Penyebab kuota habis sendiri sebenarnya cukup banyak. Misalnya saja karena faktor aplikasi yang berjalan sendiri, hingga faktor malware yang telah tertanam ke dalam smartphone. 

Oleh karenanya, kamu harus mengidentifikasi beberapa penyebab tersebut. Sehingga kamu dapat melakukan penanganan dengan lebih tepat dan sesuai dengan permasalahan.

Jangan khawatir, admin mulaidarimanaaja.com akan menguraikan penyebab kuota cepat habis dan cara mengatasinya. Oleh sebab itu, simak terus artikel ini hingga selesai ya. 

Penyebab Kenapa Kuota Cepat Habis Padahal Tidak Dipakai dan Cara Mengatasinya 

Seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya, kamu wajib mengetahui penyebab utamanya terlebih dahulu. Tujuannya agar kamu bisa melakukan penanganan dengan tepat. 

Baca Juga: Sudah Beli Paket Internet Tapi Tidak Bisa Digunakan?

Tercatat, ada beberapa penyebab dan cara yang mungkin bisa membantumu. Adapun beberapa penyebab serta solusi tersebut telah kami rangkum di bawah ini.

1. Live Wallpaper Otomatis Aktif

Alasan pertama kenapa kuota Telkomsel cepat habis padahal tidak digunakan yakni karena live wallpaper otomatis aktif. Kamu tahu tidak, aplikasi live wallpaper yang otomatis ternyata bisa menguras kuota internet secara mendadak. 

Live Wallpaper otomatis biasanya memerlukan kuota internet agar dapat menampilkan wallpaper bergerak dan berbeda tiap waktu. Hal inilah yang membuat kuota kamu cepat habis. 

Walaupun kamu mematikan data seluler selama seharian, tetapi ketika kamu menyalakannya maka kuota akan terpotong secara otomatis. Oleh sebab itu, segera nonaktifkan live wallpaper agar kuota tidak hilang secara mendadak. 

2. Aplikasi Update Secara Otomatis 

kenapa kuota cepat habis padahal tidak dipakai
Menonaktifkan aplikasi update otomatis

Masih bingung apa yang menyebabkan paket data cepat habis? Penyebab yang selanjutnya yakni karena aplikasi di Android melakukan update secara otomatis. 

Baca Juga: Cara Agar Pulsa Tidak Tersedot Saat Menyalakan Data

Pengguna mengizinkan pembaruan otomatis aplikasi di Play Store. Sehingga ketika data seluler diaktifkan, kuota yang kamu miliki akan langsung habis untuk memperbarui aplikasi tersebut. 

Solusi yang bisa kamu lakukan yakni dengan menonaktifkan aplikasi update otomatis. Silahkan masuk ke aplikasi Play Store, lalu pilih pengaturan. Kemudian pilih preferensi jaringan. 

Pada menu tersebut, kamu bisa pilih opsi setelan update aplikasi. Silahkan nonaktifkan update aplikasi secara otomatis. Dengan begitu maka kuota tidak akan terkuras habis.

3. Banyak Aplikasi yang Berjalan Secara Otomatis 

Kenapa kuota Indosat cepat habis padahal baru beli? Nah penyebab yang paling umum terjadi adalah karena aplikasi berjalan secara otomatis. Jadi aplikasi yang kita install diam-diam berjalan dan menghabiskan kuota.

Beberapa aplikasi yang umum berjalan secara otomatis diantaranya seperti Tiktok, Facebook, WhatsApp, Messenger, dan lainnya. Kamu hanya perlu menonaktifkan aplikasi berjalan secara otomatis. 

Caranya yakni buka pengaturan aplikasi di Hp, lalu pilih aplikasi yang berjalan otomatis. Setelah itu, pilih opsi nonaktifkan berjalan otomatis. Dengan demikian maka kuota kamu akan lebih aman dan tidak cepat habis.

4. Terdapat Malware 

Alasan terakhir kenapa kuota Smartfren cepat habis padahal tidak digunakan yakni karena ada malware. Yap, hp kamu terkena malware sehingga kuota internet bisa cepat habis tanpa sisa.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Pulsa Telkomsel Berkurang Sendiri

Cara Mengatasi kuota tersedot sendiri yakni dengan menghapus malware tersebut. Umumnya malware berbentuk aplikasi yang terinstal secara otomatis. 

Nah kamu bisa masuk ke pengaturan aplikasi, lalu cari aplikasi yang mencurigakan. Jika ditemukan aplikasi mencurigakan, silahkan hapus atau uninstall. Sehingga ponsel kamu jadi lebih aman dan kuota tidak cepat habis. 

Cara Mengecek Aplikasi yang Membuat Kuota Cepat Habis

kenapa kuota cepat habis padahal tidak dipakai
Mengetahui penggunaan kuota

Setelah kamu mengetahui beberapa penyebab dan cara mengatasinya, kamu bisa mencoba untuk mengecek aplikasi yang boros kuota. Kita dapat melihat sendiri aplikasi yang menguras habis kuota internet. 

Dengan mengetahui cara tersebut, maka kamu bisa menghapus aplikasi yang menguras kuota. Lantas bagaimana sih cara melihat aplikasi yang menguras kuota? Mari ikuti tutorial mulaidarimanaaja.com berikut. 

  • Silahkan buka pengaturan di smartphone Android milikmu. 
  • Selanjutnya kamu bisa pilih "koneksi dan berbagi"
  • Nah pada halaman tersebut, kamu bisa pilih menu "pengaturan kuota"
  • Nanti akan muncul daftar aplikasi yang mengonsumsi kuota paling banyak. 

Sekedar informasi, kamu bisa langsung menonaktifkan aplikasi yang menghabiskan kuota. Selain itu, silahkan matikan aplikasi berjalan otomatis agar kuota kamu tidak cepat habis. 

Penutup

Kuota yang kita beli dengan susah payah kemudian habis secara tiba-tiba memang sangat menjengkelkan. Kita tidak bisa menikmati akses internet jika kuota tersebut habis. 

Beberapa alasan kenapa kuota cepat habis padahal tidak dipakai di atas mungkin bisa membantumu. Selain itu, kamu juga bisa mengecek aplikasi yang menguras kuota. Semoga informasi kali ini bisa bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url