Sudah Beli Paket Internet Tapi Tidak Bisa Digunakan? Atasi dengan Cara Ini

sudah beli paket internet tapi tidak bisa digunakan
Ilustrasi tidak bisa internetan

MULAISAJA - Pernahkah kamu mengalami masalah sudah beli paket internet tapi tidak bisa digunakan? Masalah seperti ini memang kerap terjadi pada pelanggan provider internet. 

Secara umum kuota internet sendiri digunakan untuk mengakses internet. Dengan adanya kuota internet, maka kita bisa terhubung ke jaringan internet dan bisa menjelajahi dunia maya.

Di Indonesia sendiri, saat ini sudah banyak sekali provider yang menyediakan paket kuota internet murah. Misalnya saja seperti Telkomsel, Indosat, XL, Axis, By U, Live On, 3, dan lain sebagainya. 

Hanya saja banyak juga ditemukan masalah seperti tidak bisa menggunakan kuota internet. Masalah ini terjadi karena beberapa sebab, untuk informasi lebih lanjut kamu bisa mengikuti artikel mulaidarimanaaja.com hingga selesai.

Cara Mengatasi Sudah Beli Paket Internet Tapi Tidak Bisa Digunakan

Seperti yang telah kami sampaikan, jika masalah pada provider di Indonesia cukup kompleks. Salah satunya pengguna tidak bisa menggunakan kuota yang telah ia beli.

Apabila kamu mengalami masalah seperti ini, sebaiknya segera diatasi dengan segera. Tercatat ada beberapa cara yang dapat kamu terapkan. Adapun cara tersebut telah kami rangkum di bawah ini.

1. Cek Keterangan Paket Internet 

sudah beli paket internet tapi tidak bisa digunakan
Ilustrasi paket internet

Penyebab sudah beli paket internet tapi tidak bisa digunakan IM3, Axis, XL, dan Telkomsel bisa jadi karena kelalaian pengguna. Yap, pengguna kurang teliti melihat deskripsi dari paket yang ia beli. 

Pada setiap paket biasanya akan tertulis mengenai penggunaan paket tersebut. Misalnya hanya dapat digunakan di wilayah tertentu, hanya bisa digunakan untuk mengakses aplikasi tertentu, dan lainnya. 

Apabila kamu telah membaca deskripsi paket yang dibeli. Maka kamu bisa menggunakan paket internet tersebut sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sehingga kamu tidak bingung ketika kuota internet tersebut tidak bisa digunakan.

2. Refresh Jaringan pada Hp

Kuota masih ada tapi tidak bisa internetan Telkomsel, Indosat, XL, Axis, dan lainnya bisa kamu atasi dengan melakukan refresh jaringan. Kamu bisa mengaktifkan mode pesawat. 

Kemudian menonaktifkannya kembali agar jaringan bisa terefresh. Cara ini cukup ampuh ketika kita punya kuota tapi tidak bisa digunakan. 

Karena itulah, silahkan lakukan refresh jaringan terlebih dahulu. Jika cara ini masih tidak bisa bekerja, maka kamu bisa menerapkan cara yang di bawah ini. 

3. Matikan Hp Sejenak 

Apabila kamu telah melakukan refresh jaringan tapi tidak bisa, kamu bisa mematikan hp sejenak. Karena biasanya sistem pada hp tidak dapat memproses jaringan internet, sehingga kita tidak bisa terhubung ke internet.

Cara mengatasi kuota yang tidak bisa digunakan juga mudah. Kamu bisa mematikan hp selama beberapa menit. Diamkan terlebih dahulu hingga hp lebih dingin, lalu nyalakan kembali.

Setelah hp dinyalakan, kamu bisa mencoba untuk mengaktifkan data seluler. Dengan begitu, permasalahan tidak bisa mengakses internet bisa teratasi dengan lebih mudah.

4. Pindah Lokasi 

sudah beli paket internet tapi tidak bisa digunakan
Ilustrasi pindah lokasi untuk menemukan jaringan internet stabil

Penyebab kuota masih banyak tapi tidak bisa internet Indosat, Telkomsel, XL, Axis, dan lainnya yakni karena sinyal kurang kuat. Hal ini bisa terjadi karena jaringan mengalami gangguan teknis.

Sehingga sinyal pada bar hp terlihat penuh tetapi untuk mengakses internet tidak bisa. Untuk mengatasinya, kamu bisa pergi ke tempat yang punya sinyal lebih baik.

Kemudian silahkan coba akses internet kembali. Dengan demikian kamu bisa mengakses internet lebih lancar tanpa ada hambatan.

5. Pastikan Situs yang Diakses Tidak Down

Apa penyebabnya jika ada kuota tapi tidak bisa internetan? penyebab yang paling umum terjadi adalah situs down. Yap, situs yang kamu akses sedang mengalami perbaikan sehingga tidak dapat diakses. 

Apabila hal ini yang menjadi masalah utama, maka kita tidak dapat melakukan apapun. Karena situs yang down hanya dapat diatasi oleh pemilik website itu sendiri. 

Solusinya yakni kita harus bersabar hingga situs tersebut benar-benar normal kembali. Sehingga nantinya kamu bisa mengaksesnya melalui Hp yang kamu miliki. 

6. Setting APN yang Sesuai 

Bagaimana cara mengatasi paket data tidak bisa digunakan? Tips terakhir yang bisa kamu terapkan yakni dengan mengatur APN yang sesuai. Pastikan untuk menggunakan APN yang tepat.

Karena penggunaan APN yang tidak sesuai akan membuat perangkat tidak dapat terhubung ke internet. Walaupun kamu punya kuota internet ratusan Giga, tetapi tidak bisa digunakan ketika pengaturan APN tidak sesuai. 

Penutup

Nah sekarang kamu tahu kan, bagaimana cara mengatasi sudah beli paket internet tapi tidak bisa digunakan. Kamu bisa mencoba tips yang telah mulaidarimanaaja.com sampaikan di atas. Semoga tips ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url