Pada Awalnya Internet Digunakan untuk Kepentingan Kesehatan dan Militer, Begini Penjelasannya

Pada awalnya Internet digunakan untuk kepentingan
Pada awalnya Internet digunakan untuk kepentingan apa?

MULAISAJA - Pada awalnya Internet digunakan untuk kepentingan kesehatan dan militer yang menghubungkan empat situs saja, seperti University of Utah, Stanford Research Institute, Santa Barbara, dan University of California. 

Internet memang sudah menjadi barang atau kebutuhan pokok manusia. Saat ini internet menjadi kebutuhan primer bagi manusia karena memiliki banyak manfaat. 

Berikut ini yang termasuk manfaat dari internet adalah pekerjaan manusia bisa lebih mudah. Misalnya saja internet dapat dimanfaatkan untuk promosi dan berjualan. 

Selain itu, internet digunakan untuk menghubungkan orang-orang di seluruh dunia. Jadi yang tadinya jauh karena jarak, sekarang jadi dekat dengan internet.

Internet atau yang disebut dengan Interconnected Network, dapat menghubungkan komputer dan jaringan komputer secara global. Pengguna internet dapat bertukar informasi dengan perangkat komputer.

Pada awalnya Internet digunakan untuk kepentingan kesehatan dan militer. Jaringan internet dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA (Advanced Research Projects Agency).

Internet pada awalnya disebut dengan ARPANET (Advanced Research Projects Agency Network). Dari sinilah internet pertama kali dikenal meluas ke seluruh dunia.

Pada tahun 1980-an, jaringan internet yang dikembangkan sudah mampu menghubungkan antar Universitas-universitas ternama yang ada di Amerika Serikat. 

Namun sayangnya akses di masa itu masih sangat terbatas. Pada tahun 1982, protokol standar TCP/IP mulai diterapkan secara menyeluruh ke publik. Protokol ini mulai menghubungkan antar wilayah di suatu tempat.

Hingga akhirnya pada 1986, berdirilah National Science Foundation Network (NSFNET) sebagai pengganti ARPANET. 

Pada masa tersebut, jaringan internet di beberapa negara sudah mulai terhubung dan internet terus berkembang hingga sekarang muncul yang namanya 4G dan 5G. 

Jadi sekarang sudah tahu pada awalnya Internet digunakan untuk kepentingan apa? Semoga informasi kali ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url