Media Penyimpanan Data yang Memanfaatkan Internet Adalah?

Media Penyimpanan Data yang Memanfaatkan Internet Adalah?
Ilustrasi Cloud storage

MULAISAJA - Mungkin kamu sudah tidak asing lagi mengenai media penyimpanan. Nah media penyimpanan data yang memanfaatkan internet adalah cloud storage. 

Cloud storage sendiri merupakan media penyimpanan file berbasis online. Artinya untuk menyimpan file atau dokumen perlu terkoneksi dengan internet. 

Saat ini penyimpanan berbasis cloud terus dikembangkan. Bahkan media penyimpanan ini sangat diminati oleh pengguna. Karena kita tidak perlu membeli penyimpanan fisik serta tidak perlu dibawa kemanapun. 

Selain itu, file dan dokumen yang telah kita simpan dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Asalkan kita terkoneksi dengan internet, maka bisa mengakses penyimpanan cloud. 

Media cloud storage memiliki banyak sekali keunggulan ketimbang penyimpanan fisik seperti hardisk. Karena data yang tersimpan jauh lebih aman karena disimpan di server dan hosting. 

Bahkan kapasitas dari cloud storage juga lebih besar ketimbang penyimpanan fisik. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan file lebih banyak. Pengguna juga bebas menyimpan file apapun dan bisa diakses kapanpun yang dimau. 

Lantas apa saja media penyimpanan online? Tercatat ada beberapa cloud storage yang sangat populer di dunia. Berikut admin mulaidarimanaaja.com telah merangkum informasinya di bawah ini.

1. Google Drive 

Pertama ada Google Drive, mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan penyimpanan yang satu ini. Pengguna Android sering memanfaatkan penyimpanan ini untuk menyimpan file. 

Terlebih lagi Google Drive bisa kita gunakan secara gratis dengan maksimal file 15GB saja. Sebenarnya kita bisa memperbesar kapasitas penyimpanannya dengan cara membayar biaya langganan. Kamu bisa berlangganan tiap tahun untuk mendapatkan kapasitas Google Drive yang besar.

2. iCloud

Selanjutnya ada iCloud yang merupakan layanan dari Apple untuk menyimpan file seperti foto, catatan, kata sandi, hingga data pribadi. Layanan yang satu ini bisa kamu gunakan secara gratis maupun dengan membayar biaya langganan tahunan.

3. OneDrive 

Berikutnya ada OneDrive, media yang satu ini merupakan layanan cloud storage besutan Microsoft. Kamu bisa memanfaatkan media yang satu ini untuk menyimpan berbagai file dan mengaksesnya kapanpun yang kamu mau.

4. Dropbox

Terakhir ada Dropbox yang merupakan layanan penyedia data berbasis web yang diluncurkan oleh Dropbox, Inc. Pengguna dapat mengakses layanan ini dengan terkoneksi ke jaringan internet. Nantinya pengguna dapat menyingkirkan data agar tetap update.

Sebenarnya masih ada banyak sekali jenis media cloud storage. Namun waktunya tidak akan cukup jika admin mulaidarimanaaja.com membahas keseluruhannya. Karena itulah, kami hanya membahas bagian intinya saja.

Sekarang sudah paham media penyimpanan data yang memanfaatkan internet adalah apa? Kamu juga tahu macam-macam layanan media penyimpanan cloud. Semoga informasi kali ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan ya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url