Cara Mengetahui NIK yang Terdaftar di Kartu Telkomsel

Cara Mengetahui NIK yang Terdaftar di Kartu Telkomsel
Mengetahui NIK yang terdaftar di kartu Telkomsel

MULAISAJA - Mungkin masih banyak yang belum tahu cara mengetahui NIK yang terdaftar di kartu Telkomsel. Jangan sampai kamu ketinggalan informasi deh, karena cara ini sangat mudah. 

Cara cek NIK yang terdaftar di kartu Telkomsel bisa kamu terapkan sendiri melalui hp Android. Tentunya cara ini tidak memerlukan persyaratan dan peralatan yang rumit. 

Namun sebelum masuk ke tutorialnya, kamu harus tahu terlebih dahulu tentang NIK. Kamu wajib tahu fungsi dari NIK dalam melakukan registrasi kartu perdana Telkomsel.

Fungsi NIK untuk Melakukan Registrasi Kartu Telkomsel 

Saat ini, setiap pengguna yang ingin mengaktifkan kartu perdana maka wajib melakukan registrasi terlebih dahulu. Pengguna harus registrasi dengan menggunakan nomor NIK dan KK. 

Hal ini sebagaimana yang tertuang dalam Peraturan Menteri Kementerian Komunikasi dan Informatika Nomor 12 Tahun 2016 mengenai kewajiban registrasi kartu perdana menggunakan KTP dan KK. 

Fungsi dari registrasi menggunakan NIK ini yakni agar pengguna bisa terlindungi dari kejahatan digital. Misalnya saja kejahatan seperti SMS spam dan telepon "mamah minta pulsa" yang dulu sempat viral.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kartu Telkomsel Tidak Bisa Menerima SMS dan Telepon

Dengan adanya aturan ini, maka kejahatan seperti itu bisa diminimalisir. Karena untuk melakukan spam SMS dan modus telepon harus memakai kartu yang telah diregistrasi. 

Semua provider baik itu Indosat, XL, Axis, Telkomsel, Smartfren, 3, By U, dan lainnya wajib diregistrasi terlebih dahulu. Karena jika kita tidak meregistrasinya, maka kartu tersebut tidak akan aktif. 

Untuk melakukan registrasi kartu Telkomsel, kamu bisa menggunakan metode SMS ke nomor “4444” (tanpa tanda kutip). Untuk informasi lebih lengkapnya silahkan simak artikel ini: Cara Registrasi Kartu Telkomsel Lewat Telepon Android.

Cara Mengetahui NIK yang Terdaftar di Kartu Telkomsel

Nomor KTP atau NIK memang begitu penting untuk melakukan registrasi kartu perdana. Karena registrasi dengan NIK sudah diwajibkan sejak beberapa tahun yang lalu.

Kamu juga bisa nih melihat NIK yang terdaftar pada kartu Telkomsel milikmu. Tentunya cara ini begitu mudah dan bisa diterapkan sendiri. Adapun untuk caranya bisa kamu simak sebagai berikut. 

1. Gunakan Kode Dial

Cara Mengetahui NIK yang Terdaftar di Kartu Telkomsel
Mengecek NIK yang terdaftar di kartu Telkomsel

Cara cek NIK yang terdaftar di kartu Telkomsel yang sudah hangus bisa dengan menggunakan kode dial. Sebenarnya cara ini sudah sangat umum digunakan oleh pengguna. 

Baca Juga: Kartu Telkomsel Tidak Ada Jaringan? Atasi Dengan Cara Berikut Ini

Hanya saja mungkin kamu belum mengetahui cara yang satu ini. Adapun untuk mengetahui nomor NIK yang telah terdaftar di kartu Telkomsel bisa kamu simak tutorial yang telah admin mulaidarimanaaja.com rangkum berikut. 

  • Silahkan buka menu panggilan yang terdapat di hp kamu.
  • Selanjutnya ketik kode UMB *444#, kemudian klik OK/YES.
  • Nantinya akan muncul menu untuk mengecek NIK di kartu Telkomsel
  • Silahkan klik saja menu “Cek Status Registrasi”.
  • Setelah itu, masukkan 16 digit nomor NIK yang kamu gunakan.
  • Dengan begitu akan ada balasan SMS dengan informasi bahwa kartu Telkomsel telah terdaftar dengan NIK tersebut.

2. Melalui SMS

Selanjutnya kamu bisa mengirimkan SMS untuk bisa mengetahui nomor NIK. Cara ini sebenarnya sudah cukup banyak digunakan. Meski begitu tak sedikit pula yang masih bingung mengenai tutorialnya. 

Cek NIK Telkomsel via SMS sangat mudah sekali. Kamu bisa mengirimkan SMS dengan format INFO#NIK atau INFO#MSISDN ke nomor 4444.

Baca Juga: Cara Beli Pulsa di MyTelkomsel dengan Harga Murah

Contoh kirim SMS dengan format seperti ini: INFO#3327000099990000 setelah itu kirimkan ke nomor 4444. Nantinya akan muncul informasi tentang NIK di nomor Telkomsel tersebut.

3. Melalui Call Center Telkomsel 

Terakhir kamu bisa cek nomor yang terdaftar di NIK melalui Call Center Telkomsel. Silahkan hubungi saja nomor CS Telkomsel atau DM sosial media milik Telkomsel. 

Nantinya CS Telkomsel akan mengarahkan kamu untuk mengecek NIK nomor Telkomsel tersebut. Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang diberikan oleh pihak CS. 

Penutup 

Cara mengetahui NIK yang terdaftar di kartu Telkomsel ternyata sangat mudah sekali. Kamu bisa mencobanya melalui hp Android. Selain itu, cara ini tidak memerlukan peralatan khusus, jadi kamu bisa mencobanya dengan lebih leluasa.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url