Cara Mencari Informasi Menggunakan search Engine pada Internet

cara mencari informasi menggunakan search engine pada internet
Ilustrasi mencari informasi di search engine Google

MULAISAJA - Bagi pengguna internet seharusnya sudah tidak bingung bagaimana cara mencari informasi menggunakan search engine pada internet. Padahal mungkin setiap hari kita telah melaksanakan pencarian di internet. 

Hanya saja tidak dapat menjelaskan proses melakukan pencarian informasi di internet. Karena memang hal ini sedikit susah untuk dijelaskan. Mengingat kita perlu mengetahui istilah search engine. 

Ketika kita tidak tahu istilah search engine, maka akan sulit untuk bisa menjelaskan pencarian informasi di internet. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu perlu tahu penjelasan tentang search engine. 

Apa Itu Search Engine?

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan Google, Yahoo, Bing, Yandex, dan lain sebagainya. Beberapa produk tersebut merupakan search engine yang banyak digunakan. 

Lantas search engine itu apa sih? Search engine merupakan sebuah mesin pencari yang digunakan untuk mencari informasi di internet. Mesin yang satu ini dapat menampilkan semua informasi yang kita butuhkan. 

Baca Juga: Komponen Utama Komputer untuk Mengakses Internet 

Misalnya ketika kita ingin mencari informasi tentang spesifikasi hp Xiaomi Redmi Note 10 Pro, maka akan muncul banyak sekali artikel yang berkaitan dengan smartphone tersebut. 

Biasanya dalam melakukan pencarian informasi dengan search engine, pengguna perlu menggunakan browser. Browser ini digunakan sebagai perantara atau alat untuk mengakses internet. 

Istilah mencari informasi di internet adalah searching atau browsing. Karena saat melakukan pencarian informasi, perlu menggunakan bantuan browser. 

Beberapa browser yang lazim digunakan diantaranya seperti Google Chrome, Microsoft Edge, Opera Mini, UC Browser, Mozilla Firefox, dan lain sebagainya. Dengan browser tersebut, kamu bisa menjelajahi internet dengan lebih mudah. 

Manfaat Search Engine dalam Pencarian Informasi 

cara mencari informasi menggunakan search engine pada internet
Ilustrasi search engine Google

Mungkin kamu pernah bingung untuk menjelaskan manfaat search engine. Wajar saja, karena alat yang satu ini sedikit susah untuk diulik. Sehingga banyak pengguna yang bingung menjelaskan manfaatnya. 

Baca Juga: Alat Untuk Menghubungkan ke Internet

Dalam melakukan pencarian informasi, search engine tentunya memiliki manfaat tersendiri. Beberapa manfaat tersebut telah kami rangkum di bawah ini. 

1. Mempermudah Menemukan Informasi 

Manfaat pertama adalah dapat mempermudah pengguna untuk menemukan informasi. Kamu hanya perlu mengetikkan kata kunci yang ingin dicari. Nantinya mesin pencari akan menampilkan berbagai hasil pencarian. 

Misalnya kamu mengetik kata kunci "spesifikasi Redmi note 10 pro", maka di halaman pencarian akan muncul artikel, website, blog, hingga video tentang smartphone Redmi tersebut.

2. Mempercepat Pencarian Informasi 

Proses pencarian informasi juga terbilang lebih cepat dan tidak memakan banyak waktu. Hal ini karena kamu hanya perlu mengetik kata kunci dan informasi yang diinginkan akan langsung muncul. 

Berbeda lagi jika kita mencari informasi di buku, maka perlu membuka buku dan daftar isi. Kemudian menemukan informasi dari nomor halaman yang ada di buku tersebut. Hal ini tentu memakan waktu yang cukup lama.

3. Menyediakan Informasi yang Beragam 

Search engine bisa menampilkan informasi yang beragam. Sebagai contoh saat kita mencari kata kunci  "spesifikasi Redmi note 10 pro", nantinya akan muncul berbagai informasi yang bisa kita pilih. 

Baca Juga: Kemajuan Teknologi di Bidang Perbankan

Misalnya informasi tentang kelebihan dan kekurangan, informasi tentang harga, informasi tentang spesifikasi, hingga informasi tentang perbandingan dengan smartphone lain. Sehingga kamu bisa menjadi lebih kaya akan informasi. 

4. Menyediakan Berbagai Jenis Konten 

Seperti yang telah admin mulaidarimanaaja.com sampaikan sebelumnya, hasil pencarian bisa berupa artikel, ulasan, dokumen, gambar, hingga video. 

Hal tersebut tentunya sangat memudahkan kamu untuk bisa memilih informasi yang diinginkan. Misalnya jika ingin melihat detail tentang sebuah smartphone, maka kamu bisa memilih informasi video. 

Cara Mencari Informasi Menggunakan Search Engine pada Internet

Setelah kita mengetahui definisi dan manfaat dari search engine, sekarang kita coba untuk menggunakannya. Namun untuk uji coba kali ini, mulaidarimanaaja.com akan mencoba menggunakan search engine Google. 

Karena mesin pencari ini paling banyak digunakan ketimbang search engine lain. Lantas bagaimana sih cara menggunakan search engine Google? Mari simak langkah-langkah mulaidarimanaaja.com berikut ini.

  • Pada smartphone atau laptop, silahkan buka browser kamu (misal Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Microsoft Edge). 
  • Selanjutnya ketik www.google.co.id di kolom pencarian, lalu klik enter atau cari. 
  • Nantinya akan muncul hasil berupa search engine Google. Silahkan klik saja agar kamu bisa langsung menggunakannya. 
  • Kemudian pada kolom pencarian, ketik kata kunci yang ingin kamu cari (misal; spesifikasi Redmi Note 10 Pro). 
  • Klik cari atau tekan enter. 
  • Dengan begitu akan langsung muncul hasil berupa artikel, gambar, video tentang Redmi Note 10 Pro. 
  • Kamu bisa memilih salah satu hasil tersebut dan membacanya hingga selesai.

Penutup

Mencari informasi di internet ternyata begitu mudah, karena kamu hanya perlu memakai bantuan browser dan search engine. Sehingga kamu tidak perlu bingung bagaimana cara mencari informasi menggunakan search engine pada internet. Karena kamu bisa mengikuti tutorial di atas.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url