5 Alat Untuk Menghubungkan ke Internet yang Harus Kita Tahu

alat untuk menghubungkan ke internet
Ilustrasi jaringan Internet

MULAISAJA - Sudah tahu belum, apa saja alat untuk menghubungkan ke internet? Jangan sampai kamu tidak tahu ya, karena nanti tidak bisa mengakses internet di PC dan laptop.

Seperti yang kita tahu, laptop dan PC yang tidak memiliki jaringan internet tidak bisa kita gunakan untuk internetan. Kita hanya bisa menggunakan laptop tersebut untuk mengetik atau membuat desain.

Hal ini tentunya sangat tidak bagus bagi kamu yang bekerja dengan mengandalkan internet. Karena nantinya kamu tidak bisa mengerjakan pekerjaan secara maksimal. 

Untuk bisa terhubung ke internet, kamu memerlukan beberapa perangkat. Misalnya saja seperti router, kabel LAN, modem, MiFi, dan lain sebagainya. Untuk penjelasan lebih lengkapnya simak berikut ini. 

5 Alat Untuk Menghubungkan ke Internet

Tercatat, ada beberapa alat yang dapat kita gunakan untuk mengakses jaringan internet. Beberapa alat tersebut telah kami rangkum dalam artikel berikut ini.

1. Modem

alat untuk menghubungkan ke internet
Ilustrasi jaringan Internet

Pertama, alat yang digunakan untuk dapat koneksi ke internet adalah modem. Alat yang satu ini bisa kita gunakan dengan cara memasukan kartu SIM. Kemudian menyambungkan modem ke komputer.

Nantinya komputer akan menerima sinyal internet dan dapat terhubung ke internet. Modem digunakan untuk menangkap sinyal kemudian menyalurkannya ke komputer lewat USB. 

2. Router

Perangkat keras apa saja yang digunakan untuk akses internet? Salah satu perangkat yang bisa kamu gunakan adalah Router. Alat yang satu ini dapat digunakan untuk terhubung ke internet lewat sambungan WIFI atau koneksi kabel LAN. 

Baca Juga: Perangkat Laptop Dapat Terhubung Dengan Internet Melalui Ini

Secara umum, pengguna yang memakai perangkat ini perlu melakukan langganan terlebih dahulu. Beberapa merek atau brand yang menyediakan router misalnya seperti Telkom, MyRepublic, MNC dan lainnya.

3. MiFi 

Perangkat keras untuk mengakses internet yang berikutnya adalah MiFi. Alat yang satu ini mirip dengan modem portable yang berguna untuk mengakses internet secara wireless. 

Perangkat tersebut dapat kamu gunakan dengan melalui koneksi WiFi. Jadi pengguna dapat mengakses internet di perangkat Android, IOS, tablet, komputer, hingga laptop. Asalkan perangkat tersebut memiliki dukungan WiFi. 

4. Kabel Jaringan / LAN 

Alat elektronik untuk menghubungkan ke internet yakni kabel LAN. Jenis perangkat yang satu ini umumnya digunakan di dalam gedung dan perkantoran. Karena menuntut penggunaannya tidak pindah tempat. 

Untuk menghubungkan ke internet, biasanya komputer akan disambungkan ke jaringan LAN melalui post yang tersedia. Dengan begitu, komputer yang terhubung dengan kabel tersebut bisa terkoneksi ke internet. 

5. Hp Android

Terakhir kamu bisa gunakan hp Android sebagai sarana untuk menghubungkan komputer ke internet. Perangkat Android biasanya memiliki berbagai jaringan lewat hotspot. 

Kamu bisa mengaktifkan hotspot tersebut kemudian komputer bisa menerima sinyal. Dengan demikian maka perangkat komputer dan laptop bisa terkoneksi ke internet.

Penutup

Beberapa alat untuk menghubungkan ke internet di atas bisa kita dapatkan dengan mudah. Kamu bisa mencoba salah satu alat tersebut agar bisa menikmati jaringan internet. Sehingga kamu bisa berselancar di internet lewat laptop atau PC.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url