Perangkat Laptop Dapat Terhubung Dengan Internet Melalui Media Apa?

perangkat laptop dapat terhubung dengan internet melalui media Wireless LAN (WiFi)
Ilustrasi jaringan Internet

MULAISAJA - Dalam dunia komputer dan jaringan, umumnya perangkat laptop dapat terhubung dengan internet melalui media Wireless LAN (WiFi). Perangkat yang satu ini memang sangat banyak digunakan. 

Seperti yang kita tahu, internet merupakan sebuah jaringan yang terhubung antar perangkat komputer di seluruh dunia. Jaringan internet ini dihubungkan melalui berbagai perangkat. 

Dengan adanya jaringan internet, maka pengguna dapat mengakses dunia internet. Misalnya saja berkomunikasi dengan orang yang jauh, mengunduh atau mengupload file, hingga melakukan berbagai pekerjaan lainnya. 

Sebuah laptop atau komputer umumnya memiliki WiFi Card. Komponen yang satu ini digunakan untuk menangkap sinyal WiFi sehingga laptop atau komputer dapat terhubung ke internet.  

Agar WiFi Card dapat menangkap sinyal, tentunya kita harus memiliki perangkat yang dapat memancarkan sinyal. Selain itu, ada beberapa perangkat yang dapat kita gunakan untuk bisa terhubung dengan Internet, berikut kami telah merangkumnya di bawah ini.

1. Kabel internet 

Pertama, kita bisa memanfaatkan kabel Internet agar laptop tergantung ke jaringan internet. Umumnya kabel internet fiber optic banyak digunakan untuk jaringan TV kabel hingga untuk internetan. 

Kabel Internet ini disediakan oleh pihak operator layanan internet (ISP). Sehingga nantinya kabel tersebut dapat memancarkan sinyal ke perangkat router dan modem. Kemudian sinyal tersebut bisa kita gunakan untuk mengakses internet.

2. Ethernet Card

Selanjutnya ada Ethernet Card atau kartu Ethernet yang terletak pada bagian motherboard di dalam CPU Komputer. Perangkat yang satu ini dapat digunakan untuk menghubungkan komputer dengan router melalui kabel. Nantinya, Port Ethernet yang terhubung dengan kabel bisa mentransmisikan jaringan internet ke laptop kita. 

3. Router

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya router. Perangkat yang satu ini memang banyak digunakan untuk menghubungkan komputer atau laptop ke jaringan internet. 

Pada perangkat router terdapat komponen yang memancarkan sinyal. Nantinya laptop dan komputer akan menerima sinyal tersebut melalui WiFi Card. Sehingga laptop kamu bisa digunakan untuk internetan.

4. Modem

Sudah tahu dong modem itu seperti apa? Yap, perangkat yang satu ini memiliki ukuran yang kecil dan bisa dihubungkan ke laptop dan komputer. 

Umumnya modem terdapat slot untuk sim card yang digunakan sebagai sumber kuota internet. perangkat yang satu ini mirip dengan cara internetan di smartphone. 

Dimana kuota internet berasal dari sebuah sim card kemudian perangkat modem mendistribusikan sinyal untuk bisa digunakan internetan. 

Sudah tahu dong, perangkat laptop dapat terhubung dengan internet melalui media apa? Kamu juga tahu perangkat yang umumnya digunakan untuk menghubungkan komputer ke internet. Semoga informasi mulaidarimanaaja.com bisa bermanfaat ya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url