Pada Data Teknis Perangkat Komputer Terkoneksi Internet Minimal Harus Memiliki Apa?

pada data teknis perangkat komputer terkoneksi internet minimal harus memiliki
Ilustrasi komputer terhubung ke internet

MULAISAJA - Pernahkah kamu bertanya-tanya, pada data teknis perangkat komputer terkoneksi internet minimal harus memiliki komponen apa saja? Jangan sampai kamu tidak tahu ya. 

Karena komputer yang tidak memiliki perangkat yang lengkap tidak bisa digunakan untuk internetan. Karena biasanya tiap bagian komputer saling terkait dan saling mendukung satu sama lain. 

Oleh sebab itulah, perangkat komputer wajib memiliki komponen yang lengkap. Setidaknya punya beberapa komponen minimal yang bisa digunakan untuk mengakses internet. 

Namun kamu sudah tahu belum, komponen apa saja yang perlu dimiliki komputer untuk bisa mengakses internet? Jika belum tahu, kamu bisa menyimak artikel mulaidarimanaaja.com hingga selesai.

Komponen Wajib Komputer untuk Bisa Terhubung ke Internet 

Seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya, perangkat komputer wajib memiliki beberapa komponen wajib. Sehingga komputer tersebut bisa digunakan untuk mengakses internet.

Baca juga: Alat Untuk Menghubungkan ke Internet

Pada data teknis perangkat komputer terkoneksi internet minimal harus memiliki CPU, Motherboard, Processor, RAM, Harddisk, Keyboard, Mouse, Modem dan VGA. Untuk lebih jelasnya simak pemaparan berikut. 

1. CPU

pada data teknis perangkat komputer terkoneksi internet minimal harus memiliki
Ilustrasi perangkat komputer

Komponen pertama adalah CPU atau central processing unit. Bagian yang satu ini menjadi pusat kendali komputer atau bisa dibilang sebagai otaknya komputer. 

Hal ini karena pada komponen CPU terdapat berbagai rangkaian sirkuit yang mendukung dalam pemrosesan data. Misalnya saja mengambil data, mengode data, hingga mengeksekusi pada program. 

2. Motherboard

Komponen yang selanjutnya adalah motherboard yang merupakan papan sirkuit. Komponen ini memiliki sejumlah soket dan slot yang terhubung dengan komponen lainnya.

Baca Juga: Kemajuan Teknologi Internet Banking

Misalnya bagian RAM, Harddisk, dan perangkat lain. Komponen ini juga menjadi inti dari sebuah komputer, karena tanpa adanya motherboard maka perangkat komputer tidak akan bisa nyala.

3. Processor

Selanjutnya ada prosesor yang umumnya disebut juga dengan istilah CPU. Komponen ini sangat kecil dan menjadi otak dari sebuah komputer. Karena semua program komputer akan diolah melalui komponen prosesor. 

Beberapa contoh prosesor yang kita kenal misalnya saja seperti Intel Core I3, Intel Core I5, Processor AMD, Processor Apple, Processor IBM, Processor IDT WinChip, Processor Transmeta, hingga Processor Cyrix.

4. RAM

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan komponen bernama RAM atau Random Access Memory. Komponen ini berfungsi sebagai penyimpan data dan mempercepat perputaran data dalam sebuah komputer. 

Komponen yang satu ini terbilang wajib, karena tanpa adanya RAM, maka sebuah komputer tidak akan bisa berjalan. Selain itu, semakin besar kapasitas RAM, maka semakin kencang juga komputer tersebut. 

5. Harddisk

pada data teknis perangkat komputer terkoneksi internet minimal harus memiliki
Ilustrasi hardisk

Komponen selanjutnya adalah hardisk yang berguna sebagai tempat penyimpanan file. Misalnya saja seperti file foto, video, musik dokumen, dan lain sebagainya.

Hardisk menjadi nyawa dari sebuah komputer, karena perangkat yang satu ini berguna untuk menyimpan seluruh file dan program. Sehingga semua program komputer bisa terbaca dan tersimpan.

6. Keyboard

Selanjutnya ada komponen keyboard yang digunakan untuk mengetik. Komponen ini digunakan untuk mengetikkan angka dan kata ketika kita mengakses internet. Umumnya perangkat keyboard akan ditemani juga dengan mouse. 

Baca Juga: Kemajuan Teknologi Berjalan Sesuai dengan Ini

7. Mouse 

Seperti yang telah kami singgung di atas, umumnya keyboard akan ditemani dengan mouse. Jika keyboard digunakan untuk mengetik, maka mouse digunakan untuk menggerakkan kursor. Komponen yang satu ini juga digunakan untuk membuka jendela aplikasi. 

8. Modem 

Siapa sih yang tidak tahu modem? Perangkat yang satu ini digunakan untuk mengakses internet. Modem yang kita gunakan akan menangkap sinyal, kemudian disambungkan ke komputer lewat USB. Setelah komputer tersambung dengan modem, maka akan bisa menjelajah di internet. 

9. VGA

Terakhir ada komponen VGA yang berperan sebagai penerjemah grafis. Perangkat ini akan menerjemahkan grafis komputer ke layar monitor, sehingga apa yang kita program di dalam komputer bisa tampil di layar monitor. 

Informasi grafis yang diterima oleh VGA kemudian diolah dan ditampilkan dengan cara decoding MPEG-2/MPEG-4 atau merender grafis 2D dan 3D. Dengan begitu, maka pada layar bisa muncul tampilan komputer.

Penutup 

Sekarang sudah tahu pada data teknis perangkat komputer terkoneksi internet minimal harus memiliki apa saja? Komponen yang telah kami sebutkan sangat wajib dimiliki oleh sebuah komputer. Jadi pastikan komputer kamu memiliki beberapa komponen tersebut ya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url