Apakah Kartu Telkomsel Bisa Dipakai di Luar Negeri? Begini Informasinya

apakah kartu Telkomsel bisa dipakai di luar negeri
Internet roaming Telkomsel

MULAISAJA - Bingung apakah kartu Telkomsel bisa dipakai di luar negeri? Duh, jangan bingung-bingung lagi deh, pertanyaan tersebut sebenarnya gampang sekali untuk dijawab. 

Sebagai pengguna Telkomsel, tentunya ingin dong bisa internetan di mana saja. Bahkan jika perlu kita mengakses internet di luar negeri seperti di Jepang, China, Korea, Inggris, Arab, dan lainnya.  

Karena umumnya di setiap negara memiliki layanan provider masing-masing. Setiap provider memberikan layanan internet yang bisa diakses oleh pengguna di wilayah tertentu. 

Sama halnya seperti di Indonesia, kita mengenal beberapa provider lokal seperti XL, Axis, Indosat, hingga Telkomsel. Pertanyaannya, apakah bisa kita gunakan provider lokal di luar negri? Yuk simak pembahasan lengkap mulaidarimanaaja.com berikut.

Apakah Kartu Telkomsel Bisa Dipakai di Luar Negeri?

Kartu Telkomsel memang menjadi provider dari Indonesia dan banyak digunakan di seluruh Indonesia. Mungkin banyak yang penasaran, apakah kartu tersebut bisa dipakai untuk internetan, SMS, dan nelpon di luar negeri. 

Jawabannya sangat bisa banget! Hal ini karena saat ini Telkomsel memiliki layanan roaming. Fitur yang satu ini memungkinkan kamu untuk internetan di luar negeri tanpa harus ganti kartu. 

Baca Juga: Paket Internet Monetary Telkomsel

Sebenarnya apa itu data roaming Telkomsel? Data roaming merupakan sebuah paket data dari Telkomsel yang digunakan di negara lain. Jadi meskipun kamu memakai kartu Telkomsel, tetapi kamu tetap bisa internetan dan nelpon atau SMS pakai kartu Telkomsel. 

Hal ini tentu lebih mudah, karena kamu tidak perlu repot-repot beli kartu di negara tujuan. Hanya saja, paket internet roaming memiliki harga yang lebih mahal ketimbang paket internet biasa. 

Wajar saja, karena biaya ke luar negeri juga mahal. Sehingga paket internet pun ikutan mahal. Mungkin kamu penasaran, apakah paket roaming bisa digunakan di Indonesia? 

Sayangnya kamu tidak bisa memakai paket roaming di negara Indonesia. Karena paket tersebut dikhususkan untuk pengguna yang berada di luar negeri. Jika kamu ingin internetan di Indonesia, maka bisa mengaktifkan paket lokal Telkomsel.

Daftar Harga Paket Roaming Telkomsel

apakah kartu Telkomsel bisa dipakai di luar negeri
Ilustrasi harga paket roaming Telkomsel

Sebenarnya untuk harga dari paket roaming tergantung dari destinasi negara tujuan. Jika kita mau pergi ke Malaysia, tentunya memiliki harga paket roaming yang berbeda jika kita beli paket roaming di Vietnam.  

Oleh karena itu, sebaiknya cek terlebih dahulu harga paket roaming tempat yang ingin kamu tuju. Sehingga kamu tidak kaget melihat harga yang begitu muahal banget. Adapun untuk daftar harganya bisa kamu simak berikut ini.

  • Internet Telkomsel roaming Saudi Arabia bisa mengaktifkan paket roaming umroh & haji dengan harga Rp.375.000 besaran kuota 10GB untuk 17 hari. 

  • Internet RoaMAX Jepang dengan harga Rp.400.000 akan mendapatkan kuota 10GB untuk masa aktif 15 hari. 

  • Internet RoaMAX Australia dengan harga paket Rp.300.000 akan mendapatkan kuota 30GB dengan masa aktif 7 hari.

  • Internet RoaMAX Singapura dengan harga Rp.150.000 akan mendapatkan kuota 100 GB yang berlaku selama 7 hari. 

  • Internet RoaMAX Malaysia dengan harga paket Rp.150.000 akan mendapatkan kuota 30 GB yang berlaku selama 7 hari.

Baca Juga: Internet Malam Telkomsel

  • Internet RoaMAX Vietnam seharga Rp.150.000 besaran kuota 10 GB dapat digunakan selama 7 hari di Vietnam.

  • Internet RoaMAX Thailand seharga Rp.150.000 akan mendapatkan 30 GB dengan masa berlaku 7 hari di Thailand.

Daftar harga di atas hanya sebagian kecil saja. Untuk lebih detailnya terkait harga paket roaming, kamu bisa melihatnya melalui tautan berikut ini. 

https://www.telkomsel.com/sites/default/files/2023-01/PAYU-price-tariff-percountry--JAN23.pdf 

Cara Beli Paket Internet Luar Negeri Telkomsel

Setelah kamu mengetahui daftar paket Internet roaming, sekarang kamu perlu mengetahui cara mengaktifkannya. Sebenarnya untuk mengaktifkan paket hampir sama dengan aktivasi paket pada umumnya. 

Namun ada sedikit perbedaan mengenai paket ini. Karena menu dan aturan yang tersedia sangat berbeda dari paket biasa. Kira-kira seperti apa sih cara aktivasi roaming Telkomsel? Yuk simak tutorial mulaisarimanaaja.com berikut.

1. Aktivasi Melalui Aplikasi MyTelkomsel 

Cara mengaktifkan internet di luar negeri Telkomsel bisa kamu terapkan melalui aplikasi MyTelkomsel. Aplikasi yang satu ini memang serba guna, kamu bisa cek sisa pulsa dan paket hingga membeli paket internet. 

Jika kamu hendak membeli paket internet roaming, maka perlu masuk ke menu roaming. Menu ini ada di sebelah opsi internet. Adapun untuk tutorial lebih lengkapnya bisa kamu simak berikut ini.

apakah kartu Telkomsel bisa dipakai di luar negeri
Cara beli paket roaming Telkomsel

  • Pertama, buka aplikasi MyTelkomsel di smartphone kamu. 
  • Selanjutnya klik menu belanja, lalu pilih opsi "Roaming"
  • Nah pada halaman tersebut kamu bisa memilih destinasi tujuan. Kamu bisa pilih paket roaming Malaysia, Singapura, Arab, hingga Jepang. 
  • Dalam tutorial ini, saya mencontohkan beli paket roaming jepang. Maka saya klik opsi "Jepang".
  • Kemudian silahkan pilih kuota internet yang hendak kamu beli. 
  • Di sini saya mencontohkan beli paket 10GB dengan harga 300 ribu. Klik saja paket tersebut. 
apakah kartu Telkomsel bisa dipakai di luar negeri
Tutorial beli paket roaming Telkomsel murah
  • Silahkan baca terlebih dahulu mengenai ketentuan paket roaming tersebut. Kemudian klik "beli"
  • Uniknya lagi, kamu bisa mengatur pengaktifan paket. Misal kamu hendak pergi ke Jepang di hari Jumat, maka kamu bisa atur paket tersebut aktif di hari Jumat. 
  • Jika sudah, klik bayar kamu bisa beli paket internet pakai pulsa.
  • Kemudian konfirmasi pembayaran. 
  • Dengan begitu maka pengaktifan paket roaming Telkomsel telah berhasil.

2. Aktivasi Melalui Kode UMB 

Cara selanjutnya yakni dengan menggunakan kode UMB. Dalam cara ini, kamu hanya perlu mengetikkan kode saja. Setelah itu, silahkan pilih paket yang diinginkan. Sebenarnya memang hampir sama dengan cara beli paket internet Telkomsel pada umumnya. 

Hanya saja, kode yang kita ketikkan ini berbeda. Lantas bagaimana cara mengaktifkan kartu Telkomsel di luar negeri melalui kode UMB? Mari ikuti tutorial mulaidarimanaaja.com berikut ini. 

  • Pertama buka menu panggilan di Hp kamu. 
  • Setelah itu ketik kode *266# lalu tekan panggil. 
  • Nantinya akan muncul beberapa menu, silahkan pilih menu “1. RoaMAX (up to 100GB)”.
  • Selanjutnya silahkan pilih paket roaming negara tujuan (misal Jepang, Malaysia, Arab, dan lainnya).
  • Terakhir konfirmasi aktivasi paket RoaMAX.
  • Dengan begitu maka paket roaming Telkomsel bisa langsung aktif di Hp kamu. 

Kenapa Paket Roaming Telkomsel Tidak Bisa Digunakan?

Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya, untuk paket roaming bisa diaktifkan berdasarkan negara tujuan. Kalau kamu pergi ke Australia, maka perlu beli roaming Australia. 

Namun belakangan ini banyak pengguna yang mengeluh bahwa paket roaming tidak bisa digunakan. Nah masalah seperti ini bisa terjadi karena beberapa faktor.

Misalnya saja pengguna kurang teliti membaca keterangan paket tersebut. Karena pada paket tersebut ada keterangan mengenai kuota roaming bisa digunakan di tempat tertentu saja. 

Kebanyakan pengguna kurang menyadari hal ini sehingga menggunakan kuota roaming negara A di negara B. Tentunya hal ini tidak akan bisa dilakukan dan tidak akan pernah bisa digunakan. 

Kemudian pengguna juga kurang memperhatikan masa aktif paket. Bisa saja paket kamu telah aktif sebelum berangkat ke negara tujuan. Sehingga saat kamu sampai di negara tersebut, kuota roaming malah tidak bisa digunakan. 

Kemudian pengguna belum mengaktifkan data Roaming. Pada pengaturan jaringan di hp, kamu perlu mengaktifkan mode data Roaming terlebih dahulu agar dapat menggunakan paket tersebut. 

Karena jika kamu tidak mengaktifkan data roaming di pengaturan, maka kamu tidak bisa menggunakan paket internet tersebut. Oleh sebab itu, atur dulu bagian pengaturan jaringannya.

Penutup 

sekarang sudah terjawab apakah kartu Telkomsel bisa dipakai di luar negeri? Jawabannya sangat bisa! Apalagi untuk beli paket internet roaming juga sangat mudah. Kamu bisa membaca informasi yang telah saya sampaikan di atas.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url