Cara Mengatasi Voucher Telkomsel Tidak Dapat Digunakan di Regional Anda

cara mengatasi voucher Telkomsel tidak dapat digunakan di regional Anda
Ilustrasi voucher Telkomsel tidak bisa digunakan

MULAISAJA - Sebenarnya ada beberapa cara mengatasi voucher Telkomsel tidak dapat digunakan di regional Anda. Cara tersebut sedikit rumit karena berkaitan dengan penjual voucher. 

Voucher yang tidak bisa kita gunakan memang membuat jengkel. Pasalnya kita telah mengeluarkan uang dengan harapan bisa menikmati paket internet. 

Namun justru saat kita beli voucher Telkomsel, kita tidak bisa memakainya dengan alasan berbeda zona regional. Alasan seperti ini sering dijumpai oleh pengguna. 

Kebanyakan dari pengguna masih belum paham terkait aturan zona wilayah. Oleh sebab itu, kamu perlu menyimak informasi mulaidarimanaaja.com hingga selesai. 

Apa Itu Regional Voucher Telkomsel?

Bagi pelanggan Telkomsel mungkin sudah tidak asing dengan istilah zona regional. Sebenarnya apa sih zona itu? Mengapa Telkomsel memiliki zona tersendiri?  

Informasi yang kami dapatkan, Regional Telkomsel adalah sebuah zona atau wilayah yang digunakan untuk membatasi penggunaan kuota lokal dari Telkomsel. 

Provider Telkomsel memiliki pembagian 12 zona wilayah baru, yaitu Area A (Zona 1 dan 2), B (Zona 3 dan 4), C (Zona 5 dan 6), D (Zona 7 dan 8), E (Zona 9 dan 10), dan F (Zona 11 dan 12). 

Baca Juga: Cara Pakai Kuota Monetary Telkomsel

Nah untuk setiap zona area tentunya mempunyai daftar wilayah dan harga tarif paket Telkomsel yang berbeda-beda. Hal ini memungkinkan harga paket di Zona X (misal) lebih murah ketimbang harga paket di zona Z. 

Kemudian jumlah kuota yang bisa dinikmati oleh pengguna juga sangat berbeda. Tergantung dari wilayah zona masing-masing. Aturan zona ini berlaku untuk paket internet fisik (voucher) maupun nonfisik (beli secara online). 

Lantas apakah voucher Telkomsel bisa digunakan dimana saja? Jika kita mengacu pada penjelasan di atas, maka kita tidak bisa memakai voucher Telkomsel di semua wilayah atau zona.

Karena setiap voucher yang dijual di daerah Jakarta (misal), hanya dapat dipakai dan digunakan di wilayah tersebut. Voucher tersebut tidak bisa dipakai di luar kota seperti Bekasi dan Depok.

Penyebab Kenapa Voucher Telkomsel Tidak Bisa Digunakan di Regional Anda

cara mengatasi voucher Telkomsel tidak dapat digunakan di regional Anda
Ilustrasi voucher Telkomsel

Mungkin banyak yang mengalami masalah tidak bisa memakai voucher Telkomsel. Permasalahan ini memang sangat sering terjadi dan sangat meresahkan.

Sebenarnya apa sih penyebab tidak bisa memakai voucher Telkomsel? Yuk simak beberapa penyebab berikut, mulaidarimanaaja.com telah merangkumnya di bawah ini. 

1. Voucher Tidak Sesuai dengan Zona

Penyebab utama yang sering terjadi adalah zona tidak sesuai. Misalnya saja kamu membeli voucher Telkomsel di Jakarta. Kemudian kamu menggunakannya di Bandung. 

Baca Juga: Cara Melihat Transaksi Terakhir Telkomsel

Maka Voucher tersebut tidak akan bisa digunakan, karena sudah berbeda wilayah dan zona. Sebaiknya cek regional Telkomsel dan zona penggunaan voucher tersebut. 

Sehingga kamu tidak akan rugi membeli voucher Telkomsel. Uangmu juga tidak akan melayang sia-sia karena bisa menikmati paket internet lebih leluasa. 

2. Zona Voucher Berubah

Penyebab selanjutnya bisa saja karena zona voucher telah berubah. Misalnya saja voucher Telkomsel memiliki zona di Jawa Tengah. Kemudian berubah menjadi zona Jawa Timur. 

Ketika kamu memakai voucher tersebut, tentunya akan mendapatkan notifikasi "maaf, voucher tidak dapat digunakan di regional anda. info lebih lanjut hubungi 188."

Hal semacam ini tentunya sangat merugikan sekali, karena kita sudah bayar tapi voucher tidak bisa dipakai. Oleh sebab itu, sebaiknya cek terlebih dahulu voucher tersebut sebelum kamu membelinya.

3. Voucher Telkomsel Lama Dijual Kembali

Terkadang, ada sebagian ulah pedagang nakal yang menjual voucher lama kembali. Voucher lama tersebut berasal dari daerah lain yang notabenenya berbeda zona. 

Ketika kamu beli voucher tersebut, tentunya tidak akan bisa digunakan. Karena zona voucher sudah pasti berbeda dan tidak bisa digunakan kembali. 

Sebaiknya kamu cek terlebih dahulu voucher tersebut. Cek dari kode dan keterangan penggunaan voucher. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari ulah pedagang nakal yang memanipulasi voucher.

Cara Mengatasi Voucher Telkomsel Tidak Dapat Digunakan di Regional Anda

cara mengatasi voucher Telkomsel tidak dapat digunakan di regional Anda
Ilustrasi voucher Telkomsel

Apabila kamu mengalami masalah yang telah kami sebutkan di atas, maka sebaiknya segera atasi. Jika tidak diatasi maka akan membuatmu nyesek dan merasa kesal.

Tercatat, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan ketika voucher Telkomsel tidak bisa dipakai. Berikut admin mulaidarimanaaja.com telah merangkum tutorialnya di bawah ini. 

1. Cek Regional Voucher Telkomsel

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mengecek zona voucher yang dibeli. Silahkan cek melalui situs resmi milik Telkomsel dengan cara scan barcode voucher. 

Baca Juga: Penyebab Tidak Bisa Beli Paket Internet Telkomsel

Nantinya akan muncul zona voucher tersebut. Selain itu, kamu bisa mengecek kembali detail dari voucher Telkomsel. Biasanya akan ada keterangan mengenai voucher tersebut bisa digunakan di wilayah mana saja. 

Kamu bisa catat baik-baik zona pada voucher tersebut. Bila perlu screenshot agar bisa menjadi bukti valid. Setelah itu, kamu bisa masuk ke langkah nomor dua.

2. Komplain ke Penjual Voucher

Jika kamu telah mencatat kode regional voucher Telkomsel, selanjutnya kamu bisa melakukan komplain ke penjual. Silahkan ajukan komplain dengan menyertakan bukti yang telah disiapkan. 

Bukti screenshot dan kode zona tadi bisa kamu perlihatkan kepada penjual. Ketika bukti yang kita ajukan kuat, nantinya penjual akan memberikan voucher Telkomsel yang baru. 

Nah saat kamu menerima voucher yang baru, sebaiknya teliti kembali apakah voucher tersebut sesuai dengan zona wilayahmu atau tidak. 

Jangan sampai voucher yang kamu terima tidak sesuai dengan zona wilayah yang kamu tempati. Karena nanti tidak bisa digunakan kembali. 

Apakah Ada Cara Merubah Regional Voucher Telkomsel?

Pernahkah kamu mencoba mengubah zona voucher ke tempat lain? Haha sangat disayangkan, karena hal tersebut hanya sia-sia saja. 

Kita tidak bisa mengubah zona wilayah voucher Telkomsel. Karena zona tersebut terkait dengan kode-kode yang terenkripsi. Sehingga kita hanya bisa pasrah dengan voucher yang telah dibeli. 

Bagaimanapun juga, kebijakan terkait zona wilayah ini telah ditetapkan oleh pihak Telkomsel. Kita sebagai pelanggan harus tetap mengikuti dan mematuhinya. 

Jika kamu mengalami masalah tidak bisa memakai voucher Telkomsel, alangkah baiknya untuk menggunakan paket internet saja. Kamu bisa beli melalui aplikasi MyTelkomsel maupun melalui kode UMB. 

Penutup

Kesimpulannya, provider Telkomsel memiliki zona wilayah masing-masing. Voucher fisik yang kita beli juga terikat dengan aturan pembagian zona. 

Ketika kita membeli voucher Telkomsel di zona 1, maka kita tidak bisa memakainya di zona 3, begitupun sebaliknya. Oleh karena itu, sebelum beli voucher, sebaiknya cek zona wilayah terlebih dahulu. 

Pembahasan cara mengatasi voucher Telkomsel tidak dapat digunakan di regional Anda mungkin bisa menjadi referensi bagi kamu yang mengalami permasalahan seperti di atas. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan ya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url