Cara Mengembalikan SMS yang Terhapus di Kartu Telkomsel

Cara Mengembalikan SMS yang Terhapus di Kartu Telkomsel
Ilustrasi mengembalikan SMS yang terhapus

MULAISAJA - Pesan singkat SMS terkadang begitu penting untuk setiap orang. Karena itu, jika pesan tersebut terhapus, kamu harus tahu bagaimana cara mengembalikan SMS yang terhapus di kartu Telkomsel dengan mudah. 

Untuk mengembalikan pesan SMS terhapus membutuhkan persyaratan khusus. Tentunya kamu persyaratan ini ada yang susah dan ada yang mudah.

Apalagi cara seperti ini bisa kamu terapkan melalui hp Android dan PC atau laptop. Jadi kamu bisa lebih mudah untuk mengembalikan pesan tersebut. Karena bisa memiliki beberapa opsi. 

Mungkin banyak yang penasaran, apakah iya kita bisa mengembalikan pesan SMS yang sudah terhapus? Nah untuk informasi lebih jelasnya kamu bisa menyimak pemaparan berikut.

Apakah Bisa Mengembalikan SMS yang Sudah Terhapus?

Pada dasarnya SMS yang telah terhapus akan masuk ke file sampah dan kita tidak bisa mengembalikannya. Yap, kita tidak bisa memulihkannya tanpa ada trik khusus.

Oleh karena itu, kita memerlukan cara khusus agar dapat mengembalikan pesan yang terhapus tersebut. Cara mengembalikan pesan yang sudah dihapus sebenarnya sangat mudah sekali. 

Ada beberapa metode yang bisa kamu lakukan. Misalnya saja dengan memanfaatkan fitur backup dan restore di smartphone Android. 

Kemudian kamu bisa memanfaatkan aplikasi iMyFone dan Dr. Fone. Aplikasi tersebut bisa kamu gunakan melalui hp Android dan PC. Jadi untuk kamu yang punya laptop atau PC, bisa menerapkan cara berikut. 

Sementara bagi kamu yang belum memiliki PC, bisa menerapkannya melalui Hp Android. Untuk informasi lebih lengkap dan mendalam bisa kamu simak artikel berikut.

Cara Mengembalikan SMS yang Terhapus di Kartu Telkomsel

Sebenarnya ada beberapa metode untuk mengembalikan SMS terhapus. Metode berikut ini cukup mudah untuk diterapkan. Kamu bisa gunakan perangkat Android dan PC. 

Kira-kira seperti apa sih cara untuk memulihkan pesan SMS yang telah terhapus? Yuk simak informasi mulaidarimanaaja.com hingga selesai.

1. Gunakan Fitur Backup & Restore 

Cara Mengembalikan SMS yang Terhapus di Kartu Telkomsel
Backup & restore SMS

Cara mengembalikan SMS yang terhapus tanpa aplikasi bisa menggunakan fitur Backup & Restore di Android. Fitur ini tersedia secara gratis, jadi kamu bisa gunakan sesuka hati tanpa ada batasan. 

Umumnya smartphone jaman sekarang memiliki fitur pencadangan secara otomatis. Sehingga kamu hanya perlu melakukan restore saja. Adapun untuk melakukannya bisa ikuti tahapan-tahapan berikut. 

  • Langkah pertama silahkan masuk ke pengaturan hp kamu. 
  • Kemudian scroll ke bawah, lalu pilih menu 'setelan tambahan'.
  • Setelah itu pilih opsi 'cadangkan & pulihkan atau backup & restore'. 
  • Silahkan pilih menu 'Restore data'
  • Berikutnya di bagian 'Messages' kamu bisa centang menu tersebut. Tujuannya agar bisa mengembalikan semua SMS yang telah terhapus.
  • Terakhir klik 'Restore' dan tunggu hingga proses selesai. 
  • Dengan begitu maka proses pemulihan SMS berhasil dengan baik.

Sekedar informasi, untuk melakukan pemulihan data, pastikan untuk terhubung dengan jaringan internet. Karena sistem ini mengunduh data yang dibackup di cloud smartphone.

2. Gunakan Aplikasi iMyFone D-Back File Recovery Software

Cara mengembalikan SMS yang sudah lama terhapus di Android bisa menggunakan aplikasi bernama iMyFone D-Back File Recovery Software. Aplikasi ini gratis dan bisa kamu gunakan secara bebas. 

Bahkan kamu juga menggunakan aplikasi ini di perangkat PC maupun laptop. Jadi bisa disesuaikan saja dengan kebutuhan dan ketersediaan perangkat yang kamu miliki. 

Penggunaan aplikasi iMyFone juga sangat mudah sekali. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi tersebut lalu mendaftarkan nomor Telkomsel milikmu. 

Setelah itu, cara mengembalikan SMS yang terhapus di HP Xiaomi dan hp lainnya, silahkan jalankan aplikasinya. Kemudian mulai melakukan pemulihan data SMS yang ada di nomor tersebut. 

3. Gunakan Aplikasi Dr. Fone

Terakhir, cara mengembalikan SMS yang terhapus sebelum di backup yakni dengan aplikasi Dr. Fone. Aplikasi yang satu ini hanya dapat dijalankan di perangkat PC atau laptop. 

Kamu bisa mengunduhnya melalui situs resminya. Setelah terunduh, kamu bisa menggunakannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Pastikan telah menginstal aplikasi Dr. Fone di PC atau laptop kamu. 
  • Selanjutnya buka aplikasi tersebut. Hubungkan PC dengan hp melalui USB. 
  • Pada hp Android kamu, buka pengaturan lalu aktifkan debugging USB atau developer mode. 
  • Hal ini berguna untuk mendapatkan akses root ke sistem file.
  • Nantinya aplikasi Dr. Fone akan melakukan sinkronisasi data dengan Hp Android. 
  • Nantinya aplikasi Dr. Fone akan memberikan pertanyaan mengenai file apa yang yang ingin kamu pulihkan. 
  • Karena kita hendak memulihkan SMS, maka silahkan pilih opsi SMS. 
  • Nantinya Dr. Fone akan bekerja menggali seluruh informasi yang ada di perangkat kamu. 
  • Setelah file didapatkan, silahkan klik tombol 'Restore'. 
  • Pilih format pemulihan SMS .txt atau .html lalu klik simpan.
  • Dengan begitu maka file SMS akan terpulihkan dengan mudah. 

Penutup

Ternyata cara mengembalikan SMS yang terhapus di kartu Telkomsel sangat mudah sekali bukan? Kamu bisa menerapkan beberapa cara yang telah kami sampaikan di atas. Dengan cara tersebut, kamu bisa mengembalikan pesan SMS yang telah terhapus.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url