Macam-macam Jaringan Internet yang Harus Kamu Tahu

macam-macam jaringan internet
macam-macam jaringan internet

MULAISAJA - Sudah tahu belum, macam-macam jaringan internet ada apa saja? Jangan sampai kamu tidak tahu ya, karena ada banyak jenisnya yang mungkin sudah kita pakai sehari-hari. 

Bagi kamu yang belum tahu, jaringan internet atau internet network merupakan kumpulan komputer dan perangkat yang terhubung satu sama lain melalui jaringan global yang disebut internet. 

Pemanfaatan jaringan internet dalam kehidupan sehari-hari juga sangat banyak. Misalnya saja kita bisa belajar banyak hal lewat gawai. Selain itu, kita juga bisa menggunakannya untuk keperluan sosial media.

Macam-macam Jaringan Internet yang Umum Digunakan 

Ada banyak jenis jaringan internet yang berbeda-beda, dan setiap jenis jaringan memiliki karakteristik dan kegunaan yang berbeda. Kira-kira apa saja sih jenis-jenis jaringan internet? Mari simak beberapa jenisnya yang telah admin mulaidarimanaaja.com rangkum di bawah ini.

1. LAN (Local Area Network)

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan yang namanya jaringan LAN. Yap, LAN merupakan sebuah jaringan komputer yang biasanya terdiri dari sekelompok komputer dan terhubung dalam jarak dekat. Misalnya hanya terhubung di suatu bangunan atau gedung saja.

Secara umum, jaringan satu ini dapat digunakan oleh beberapa pengguna di satu kantor. Selain itu, jaringan LAN juga dapat digunakan untuk berbagi sumber daya, seperti printer atau server file.

2. WLAN (Wireless Local Area Network)

Selanjutnya ada jaringan WLAN yang menggunakan teknologi nirkabel untuk menghubungkan perangkat. Secara umum, jaringan WLAN terdiri dari router nirkabel dan beberapa perangkat yang terhubung melalui Wi-Fi. 

Dengan jaringan WLAN, pengguna dapat terhubung ke jaringan tanpa menggunakan kabel fisik. Hal ini tentu dapat memberikan fleksibilitas yang lebih besar kepada pengguna.

3. WAN (Wide Area Network)

Jaringan internet yang cukup banyak digunakan yakni WAN. Dengan jaringan ini, kamu dapat menghubungkan beberapa jaringan LAN dan WLAN dalam area geografis yang luas, misalnya seperti negara maupun benua. 

Biasanya WAN lebih sering dipakai oleh perusahaan besar dan organisasi untuk menghubungkan kantor dan cabang mereka yang berbeda-beda. Misalnya menghubungkan kantor pusat yang ada di Jakarta dengan cabangnya yang berada di Papua.

4. MAN (Metropolitan Area Network)

Sesuai namanya, MAN merupakan sebuah jaringan internet yang mencakup kota atau wilayah geografis yang lebih besar daripada LAN, tetapi lebih kecil daripada WAN. 

Jaringan MAN umumnya lebih banyak dipakai oleh organisasi atau instansi pemerintah untuk menghubungkan beberapa lokasi dalam satu kota atau wilayah.

5. VPN (Virtual Private Network)

Kalau jaringan yang satu ini tentu kamu sudah tidak asing. Jaringan VPN adalah jaringan internet yang menggunakan teknologi enkripsi untuk mengamankan koneksi internet dan melindungi data dari serangan cyber. 

Dengan adanya VPN, pengguna dapat terhubung ke internet melalui jaringan yang aman dan terenkripsi. Selain itu, ketika kita terhubung ke internet melalui jaringan yang tidak aman bisa lebih terjaga.

6. Internet Publik

Jaringan internet publik yakni sebuah jaringan internet yang dapat diakses oleh siapa saja melalui komputer atau perangkat seluler yang terhubung ke internet. 

Sesuai dengan namanya, internet publik mencakup seluruh internet global yang terdiri dari berbagai macam jenis jaringan internet, misalnya saja seperti WAN, WLAN, dan LAN.

7. Intranet

Terakhir ada jaringan intranet yang merupakan sebuah jaringan khusus bagi pengguna yang telah terdaftar dalam suatu organisasi atau perusahaan. Intranet biasanya digunakan untuk berbagi informasi dan sumber daya antar pengguna dalam satu organisasi, seperti memo, file, dan aplikasi.

Penutup

Nah itulah beberapa macam-macam jaringan internet yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Setiap jaringan tentu punya kegunaan dan karakteristik yang berbeda. Jadi kamu bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan tujuan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url