Inilah Perbedaan Jaringan Komputer dan Jaringan Internet

perbedaan jaringan komputer dan jaringan internet
Ilustrasi perbedaan jaringan komputer dan jaringan internet

MULAISAJA - Sudah tahu belum, apa saja perbedaan jaringan komputer dan jaringan internet? Jangan sampai kamu tidak tahu karena keduanya sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. 

Di era teknologi seperti sekarang ini, kita tidak bisa lepas dari yang namanya jaringan internet. Selain itu, kita juga mengenal yang namanya jaringan komputer. Keduanya juga tidak bisa kita pisahkan, karena saling terhubung satu sama lain. 

Jaringan komputer merupakan sebuah kumpulan komputer yang terhubung satu sama lain guna memudahkan pertukaran data dan sumber daya. Umumnya jaringan tersebut digunakan di dalam organisasi atau institusi tertentu seperti sekolah, kantor, atau perusahaan. 

Sementara jaringan internet adalah jaringan global yang menghubungkan semua jenis perangkat yang terhubung ke internet. Misalnya saja seperti komputer, ponsel, tablet, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Macam-macam Jaringan Internet yang Harus Kamu Tahu

Pada jaringan internet, kita dapat terhubung dengan komputer atau perangkat lain walaupun lokasinya berada di ujung dunia. Karena kita terhubung melalui internet yang dapat menjangkau seluruh negeri. 

Perbedaan Jaringan Komputer dan Jaringan Internet

Mungkin masih banyak yang belum tahu tentang jaringan internet dan jaringan komputer. Keduanya memiliki kesamaan untuk menghubungkan komputer. Meski demikian, keduanya juga memiliki beberapa perbedaan yang sangat mencolok, diantaranya sebagai berikut. 

1. Jangkauan 

Perbedaan pertama antara jaringan komputer dan jaringan internet adalah jarak jangkauannya. Jaringan komputer dibuat untuk menghubungkan beberapa komputer dalam suatu area tertentu. Misalnya hanya dalam satu ruangan atau satu gedung saja. 

Sedangkan jaringan internet menghubungkan seluruh dunia. Jadi jaringan ini tak terbatas oleh ruang, asalkan terhubung ke internet maka perangkat komputer bisa saling terhubung. 

Selain itu, jaringan komputer biasanya terdiri dari beberapa komputer dan perangkat keras saja (seperti printer dan server). Sementara jaringan internet umumnya terdiri dari jutaan perangkat yang ada di seluruh dunia.

2. Tujuan

Perbedaan yang kedua adalah dari segi tujuannya. Jaringan komputer dibuat untuk membantu beberapa pengguna yang bekerja dalam satu ruangan atau lokasi yang sama. Kemudian jaringan komputer dapat berbagi sumber daya dan informasi secara mudah dan efisien. 

Baca Juga: Alasan Kenapa Google Tidak Bisa Dibuka Padahal Kuota Masih Ada

Sementara jaringan internet diciptakan untuk menyediakan akses global ke informasi yang sumber dayanya tidak terbatas. Dengan adanya jaringan internet, pengguna dapat berkomunikasi dan berinteraksi satu sama lain dari seluruh dunia.

3. Teknologi yang Digunakan 

Perbedaan ketiga antara jaringan komputer dan jaringan internet yaitu dari segi teknologi yang digunakan. Jaringan komputer menggunakan teknologi kabel untuk menghubungkan beberapa komputer dalam satu ruangan. Umumnya teknologi yang dipakai dalam jaringan komputer seperti LAN, WLAN, WAN, MAN, dan VPN. 

Berbeda dengan jaringan komputer, jaringan internet menggunakan teknologi nirkabel dan kabel untuk menghubungkan perangkat di seluruh dunia. Teknologi yang digunakan dalam jaringan internet misalnya saja seperti Wi-Fi, Ethernet, 4G dan 5G.

Penutup

Kedua jaringan ini memang berbeda, tetapi memiliki kesamaan dari segi fungsinya. Jaringan komputer membantu menghubungkan pengguna di kantor atau di suatu ruangan. Sedangkan sedangkan jaringan internet memberikan akses global ke informasi dan sumber daya yang tidak terbatas. 

Nah itulah beberapa perbedaan jaringan komputer dan jaringan internet yang perlu kita ketahui. Perbedaan tersebut dapat membuka wawasan kita bahwa kedua jaringan tersebut memiliki banyak perbedaan yang cukup mencolok. 

Sumber:

- What is the Difference Between a Network and the Internet? (https://www.lifewire.com/network-vs-internet-373307) 

- Network vs Internet: Know the Difference (https://www.techslang.com/definition/what-is-the-difference-between-a-network-and-the-internet/)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url