Apa Perbedaan Jaringan Lokal dan Internet? Begini Jawabannya

apa perbedaan jaringan lokal dan internet
perbedaan jaringan lokal dan internet

MULAISAJA - Sudah tahu belum, apa perbedaan jaringan lokal dan internet? Mari simak pembahasan soal dari mulaidarimanaaja.com. Karena kami akan mengulas soal tersebut secara mendalam.  

Sebelum membahas lebih dalam terkait jaringan lokal dan internet, tentunya kamu perlu mengenal seperti apa jaringan tersebut. Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya internet. 

Internet merupakan sebuah jaringan komunikasi yang dapat menghubungkan milyaran jaringan ke seluruh dunia. Jangkauan internet memang sangat jauh, karena mampu menembus belahan dunia. 

Sementara jaringan lokal adalah sebuah jaringan yang bisa menghubungkan perangkat satu dengan yang lainnya. Sehingga nantinya perangkat tersebut saling terkoneksi dan terhubung. 

Sesuai namanya, jangkauan dari jaringan lokal ini sangat terbatas. Jaringan tersebut hanya bisa digunakan di dekat perangkat yang menghubungkan tadi. 

Persamaan antara jaringan lokal dan internet yakni dapat menghubungkan perangkat satu dengan lainnya. Kemudian membutuhkan protokol internet. Lalu digunakan untuk berbagi informasi. Bahkan keduanya juga sama-sama digunakan untuk mengakses internet. 

Dari penjelasan tersebut di atas, sebenarnya kita bisa tahu apa saja perbedaan dari jaringan lokal dan internet. Untuk lebih jelasnya terakhir perbedaan jaringan lokal dan internet bisa kamu simak berikut ini. 

Jaringan Internet: 

  • Memiliki jangkauan yang lebih luas. Misalnya saja dapat menjangkau Indonesia dengan Amerika Serikat. 
  • Tidak memerlukan kabel untuk menghubungkan perangkat. Karena internet memakai sistem tanpa kabel. 
  • Dalam menerima dan mengirim data dirasa lebih lambat. 
  • Jumlah perangkat yang dapat dihubungkan tidak terbatas. 
  • Rentan terhadap pencurian data dan kejahatan digital. 

Jaringan Lokal: 

  • Memiliki jangkauan yang sangat terbatas. 
  • Memerlukan kabel untuk menghubungkan perangkat. 
  • Saat mengirim dan menerima data jauh lebih cepat. 
  • Hanya dapat menghubungkan beberapa perangkat saja. 
  • Dirasa lebih aman karena hanya digunakan di ruang lingkup yang lebih kecil. 

Ternyata selain memiliki persamaan, keduanya juga memiliki perbedaan yang begitu mencolok. Sekarang sudah terjawab apa perbedaan jaringan lokal dan internet kan? Semoga penjelasan kali ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url