Ini Aplikasi yang Digunakan untuk Menyusun Buku Digital Dengan Format EPUB

aplikasi yang digunakan untuk menyusun buku digital dengan format epub adalah apa
Format file EPUB buku digital

MULAI SAJA - Sudah tahu aplikasi yang digunakan untuk menyusun buku digital dengan format epub adalah apa? Kalau kamu belum tahu, maka wajib menyimak detail penjelasan di artikel ini. Karena kami akan memberikan penjelasan yang lengkap untuk kamu semua. 

Perkembangan buku digital memang semakin menjadi-jadi, seiring canggihnya teknologi. Kita bisa mendownload dan membuat buku digital melalui smartphone maupun perangkat desktop. 

Saat kita hendak membuat buku digital, nantinya perlu menentukan format buku tersebut. Salah satu format yang sering digunakan adalah EPUB dan bisa kita pakai aplikasi di desktop untuk membuatnya. 

Apa Itu Format EPUB?

Secara umum EPUB memiliki kependekan 'publikasi elektronik' (atau Elektronik Publication). Singkatan tersebut menjadi nama file sebuah buku elektronik yang cukup mudah untuk kita ucapkan dan kita ingat. 

EPUB adalah cara sempurna untuk mendeskripsikan file yang dimaksudkan sebagai alternatif digital untuk media cetak. Misal saja seperti buku, komik, kumpulan cerpen, kumpulan puisi, hingga majalah.

Semua dokumen tulisan maupun tulisan bergambar bisa kita buat menjadi buku digital dengan format pdf maupun format EPUB. Namun untuk membuat buku dengan format seperti ini tentu memerlukan aplikasi tersendiri.

Beberapa Aplikasi yang Digunakan untuk Menyusun Buku Digital Dengan Format EPUB

Secara umum aplikasi yang bisa kita pakai untuk menyusun buku digital berformat .EPUB yakni Sigil, Scribus, Mobipocket Creator, Calibre, Scriba, ePUBee Maker dan Microsoft Word. Semua aplikasi tersebut bisa kamu coba secara gratis melalui perangkat desktop masing-masing. 

Kamu tidak akan kesulitan untuk menginstal aplikasi tersebut, karena semua softwarenya gampang banget kita download. Lebih detailnya silahkan simak penjelasan dari masing-masing aplikasi tersebut di bawah ini. 

1. Sigil

Pertama ada Sigil yang merupakan sebuah aplikasi desktop gratis dan open-source. Kita bisa memanfaatkan aplikasi tersebut untuk membuat dan mengedit eBook epub. Di dalam aplikasi ini memiliki tata letak dan dan desain ebook yang sangat simpel untuk kita gunakan sendiri. 

2. Calibre

Aplikasi yang satu ini bisa kita install di perangkat desktop dan mobile secara gratis. Apalagi aplikasi Calibre juga menawarkan open-source yang serbaguna untuk mengelola dan mengedit eBook. Calibre dapat mengkonversi eBook ke berbagai format, serta memiliki fitur untuk mengelola perpustakaan eBook sesuka hati.

3. ePUBee Maker 

Software yang satu ini adalah add-on atau extension untuk Microsoft Word. Kita bisa pakai software ini untuk menerbitkan eBook epub dengan kualitas yang sama dengan dokumen Word. Jadi nantinya dokumen yang kita buat tetap bagus dan nyaman dibaca. 

4. Scribus

Selanjutnya ada Scribus yang merupakan perangkat lunak desktop publishing (DTP) gratis dan bersumber terbuka. Dengan aplikasi ini, kita bisa mengatur tata letak, pengaturan huruf, hingga persiapan file. Hal ini tentu sangat berguna untuk peralatan pengaturan gambar berkualitas profesional.

5. Mobipocket Creator

Perangkat lunak pembuat eBook sederhana ini juga cukup bisa diandalkan. Karena aplikasi tersebut sangat mudah digunakan oleh orang awam sekalipun. Sehingga memungkinkan kamu membuat eBook dalam format MOBI dengan mudah.

6. InDesign

Aplikasi desktop profesional dari Adobe ini bisa mendukung kamu untuk desain grafis dan tata letak. InDesign dapat digunakan untuk membuat eBook epub yang kompleks dengan desain yang kaya.

7. Canva

Terakhir ada aplikasi desain grafis online yang mudah digunakan dengan berbagai template. Bahkan tersedia juga berbagai template e-book yang bisa kita gunakan secara gratis. Canva juga dapat mengekspor desain Anda ke format PDF atau epub.

Kesimpulan 

Nah itulah aplikasi yang digunakan untuk menyusun buku digital dengan format EPUB yang bisa kamu gunakan. Kamu juga tahu detail penjelasan secara lengkap dari artikel di atas. Semoga informasi yang kami sajikan ini bisa memberikan manfaat dan wawasan untuk kita semua.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url