Komputer yang Berlaku Sebagai Pusat Data Disebut Apa?

Komputer yang Berlaku Sebagai Pusat Data Disebut Apa?
Ilustrasi server komputer

MULAISAJA - Dalam sebuah sistem komputasi, komputer yang berlaku sebagai pusat data disebut dengan server. Sudah tahu belum pengertian lengkap dari server? 

Berdasarkan buku Best Practice Windows Server 2012 Clustering Server on Virtualization karya Nathan Gusti Ryan (i:2018), server merupakan sebuah sistem komputer yang menyuguhkan jenis layanan tertentu pada sebuah jaringan komputer. 

Secara umum, server akan didukung dengan processor yang bersifat scalable dan RAM yang besar. Selain itu, server juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus (misal Linux atau Windows). 

Kalau dalam Bahasa Indonesia, server disebut sebagai peladen. Server atau peladen menyediakan data dan informasi guna mendukung kinerja sebuah komputer. 

Untuk cara kerja server sendiri umumnya komputer client akan meminta request data atau layanan pada server. Nantinya client perlu melakukan penginputan data. 

Setelah itu, server akan memproses data tersebut dan hasilnya akan langsung dikirim ke komputer client. Cara ini sama seperti kita membuka web browser. Kita membuka aplikasi dan mengetikkan kata yang ingin dicari. 

Sebuah komputer server tentunya memiliki fungsi tersendiri. Adapun beberapa fungsi server diantaranya sebagai berikut: 

1. Menjalankan perintah client komputer. Ketika kamu ingin membuka program tertentu, maka komputer server akan menjalankan perintah yang kamu mau. 

2. Server berfungsi sebagai tempat penyimpanan data dan informasi. Seluruh data dan informasi yang dibutuhkan pengguna akan tersimpan dengan baik di komputer server. 

3. Mengatur proses pertukaran data dan informasi. Semua proses pertukaran data akan dikontrol secara langsung oleh server. 

4. Menyediakan database untuk melaksanakan perintah client. Semua data yang diperlukan oleh pengguna tersedia di komputer server. 

5. Mengamankan serangan ancaman virus terhadap komputer. Server mampu menjaga komputer pengguna dari serangan virus berbahaya. 

Sekarang sudah tahu komputer yang berlaku sebagai pusat data disebut dengan apa? Semoga informasi kali ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan.

Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url