Bagian dari Pemrograman yang Tidak Memiliki Standar Baku Adalah?

Bagian dari Pemrograman yang Tidak Memiliki Standar Baku Adalah?
Ilustrasi pemrograman

MULAISAJA - Dalam dunia pemrograman, bagian dari pemrograman yang tidak memiliki standar baku adalah pseudocode. Umumnya pseudocode berasal dari pemikiran masing-masing programmer. 

Secara harfiah, pseudocode berarti kode semu yang penulisannya tidak formal serta bisa disusun dengan kaidah sendiri.  

Hal ini tentu bisa membuat programer busa lebih mudah memahami kode dan urutan logika dari pemrograman. 

Sebenarnya pseudocode bukanlah bahasa pemrograman, jadi kamu bisa memakai bahasa apapun untuk menulis. 

Namun kebanyakan, bahasa yang digunakan untuk menulis pseudocode adalah bahasa Inggris. Hal ini karena bahasa tersebut lebih mudah untuk mengkonversikannya ke bahasa pemrograman. 

Bagaimana jika kita memakai bahasa Indonesia? Apakah bisa? Tentu saja sangat bisa, kamu bisa menggunakan bahasa Indonesia untuk menulis pseudocode. 

Tercatat ada beberapa fungsi dari program pseudocode. Berikut beberapa fungsi tersebut telah kami rangkum di bawah ini. 

1. Berguna untuk Media Dokumentasi

Fungsi pertama dari pseudocode yakni untuk media dokumentasi. Media dokumentasi ini sangat bermanfaat jika sewaktu-waktu programer mendapatkan masalah seperti error dan bug. 

2. Digunakan sebagai Titik Tengah Antara Flowchart dan Kode

Pseudocode sering kali dimanfaatkan untuk membuat transisi berjalan efektif dan efisien. Programmer bisa menerjemahkan alur diagram atau flowchart ke kode pemrograman dengan mudah. 

3. Mudah Digunakan dalam Komunikasi Bisnis 

Dalam sebuah bisnis, pseudocode bisa kita manfaatkan untuk berkomunikasi antar divisi, misalnya saja komunikasi antar manajer, desainer, dan lainnya. Programer bisa lebih mudah menjelaskan kepada divisi lain. 

4. Mempercepat Pembuatan Sistem

Terakhir, pseudocode bisa membantu mempercepat pembuatan sistem. Hal ini karena pseudocode menggunakan alur yang sederhana dan mudah dimengerti. Sehingga bisa lebih mudah juga untuk dimodifikasi. 

Sekarang sudah tahu bagian dari pemrograman yang tidak memiliki standar baku adalah apa? Semoga informasi kali ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan ya. Jangan lupa untuk bagikan informasi ini kepada teman-teman kamu ok.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url