4 Cara Cek Nomor Telkomsel Masih Aktif atau Tidak

cara cek nomor Telkomsel masih aktif atau tidak
ilustrasi cara cek nomor Telkomsel masih aktif atau tidak

MULAISAJA - Sebenarnya untuk cara cek nomor Telkomsel masih aktif atau tidak sangat mudah. Kamu bisa mengecek nomor tersebut melalui empat metode. Namun sebelum itu, kamu tahu tidak seperti apa ciri nomor yang tidak aktif?

Tercatat, ada beberapa ciri-ciri nomor Telkomsel sudah tidak aktif. Misalnya saja sinyal tidak muncul atau hanya panggilan darurat. Selain itu, bisa saja akan muncul notifikasi tidak ada layanan. 

Kemudian, nomor yang sudah tidak aktif biasanya tidak dapat dihubungi. Saat kamu menelpon nomor tersebut, maka tidak akan tersambung. Ketika kamu mengirimkan SMS pada nomor tersebut, maka tidak akan terkirim atau selalu gagal.

Jika kartu Telkomsel kamu mengalami ciri-ciri tersebut, sebaiknya segera cek apakah nomor kamu masih aktif atau tidak. Kamu bisa menggunakan beberapa metode yang telah kami rangkum dalam artikel ini.

Cara Cek Nomor Telkomsel Masih Aktif Atau Tidak

cara cek nomor Telkomsel masih aktif atau tidak
mengecek kartu SIM masih aktif atau tidak

Mengecek aktif tidaknya sebuah kartu sebenarnya sangat mudah. Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mencetaknya. Misalnya saja dengan kode UMB, SMS, telpon, dan lainnya. 

Cara seperti ini juga mudah dilakukan serta gratis. Jadi pengguna tidak akan dikenai pulsa sama sekali. Adapun untuk informasi lebih detailnya bisa kamu simak materi mulaidarimanaaja.com di bawah ini. 

1. Gunakan Kode UMB *888# Cek Pulsa

Cara pertama, kamu bisa menggunakan kode UMB. Metode yang satu ini sangat mudah untuk diterapkan, karena kamu hanya perlu mengetik kode untuk cek pulsa. 

Kamu dapat menggunakan cara ini untuk semua kartu Telkomsel, misalnya seperti kartu As, Simpati, hingga Loop. Untuk mengeceknya silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Pertama, ketik kode *888# di Hp kamu. Lalu tekan Oke/YES
  • Selanjutnya pilih cek pulsa (nomor 6).
  • Nantinya kamu akan mengetahui jumlah pulsa dan masa aktif dari kartu yang digunakan.

2. Cek Melalui SMS

Berikutnya kamu bisa mengecek kartu aktif atau tidak melalui SMS. Cara ini sebenarnya sangat simpel, karena kamu hanya perlu mengirimkan pesan ke nomor 3636 saja.

Lantas bagaimana cara cek masa aktif kartu Telkomsel lewat SMS? Mari simak langkah-langkah dari mulaidarimanaaja.com berikut ini. 

  • Pertama silahkan buka aplikasi SMS di Hp kamu. 
  • Kemudian ketik: Cek pulsa
  • Kirim ke nomor 3636
  • Tunggu balasan dari operator. 
  • Nantinya akan ada informasi terkait pulsa dan masa aktif dari kartu Telkomsel yang kamu gunakan. 

3. Telepon dengan Nomor Berbeda

Cara cek kartu aktif atau tidak bisa dilakukan dengan menelpon kartu tersebut. Kamu hanya perlu menelpon menggunakan nomor lain. Namun sebelum itu, pasang kartu Telkomsel ke dalam Hp terlebih dahulu. 

Selanjutnya kamu bisa telpon nomor tersebut dengan nomor lain. Jika tersambung maka tandanya kartu masih aktif. Sementara jika tidak tersambung, berarti nomor tersebut sudah tidak aktif. 

4. Melalui Asisten Virtual Telkomsel 

Terakhir, cara cek masa aktif kartu Telkomsel yang hilang bisa dilakukan melalui Asisten Virtual Telkomsel. Cara ini begitu mudah, karena kamu hanya perlu melakukan chat dengan bot Telkomsel. 

Metode ini bisa kamu gunakan untuk mengecek nomor pribadi maupun nomor orang lain. Jadi meskipun kamu tidak memegang kartu tersebut, kamu bisa tahu masa aktifnya. Cara ini juga sangat mudah, kamu bisa mengikuti tutorial mulaidarimanaaja.com berikut ini.

cara cek nomor Telkomsel masih aktif atau tidak
cek kartu Telkomsel masih aktif atau tidak dengan virtual assisten

  • Pertama, buka browser di Hp kamu lalu kunjungi situs https://www.telkomsel.com/.
  • Pada halaman tersebut, kamu bisa klik ikon Veronika untuk melakukan virtual chat. 
  • Untuk cara cek masa aktif kartu Telkomsel orang lain, silahkan tulis nomor yang hendak di cek. 
  • Kemudian klik kirim. 
  • Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah dan pilihan yang disediakan oleh Veronika. 

Cara Memperpanjang Masa Aktif Kartu Telkomsel

Bagi kamu yang memiliki kartu dengan durasi masa aktif terbatas, tentunya harus memperpanjang masa aktif tersebut. Untuk memperpanjangnya bisa dilakukan dengan beberapa cara. 

Misalnya saja dengan mengisi pulsa, membeli paket internet, hingga membeli masa aktif. Adapun untuk cara-cara tersebut telah dirangkum oleh tim mulaisarimanaajam.com di bawah ini. 

1. Rutin Mengisi Pulsa

Untuk bisa memperpanjang masa aktif, kamu harus rutin membeli pulsa. Setiap pembelian pulsa dengan nominal tertentu, akan mendapatkan masa aktif. Semakin besar nominal pulsa yang kamu beli, maka semakin panjang masa aktif yang diberikan. 

Sebaiknya kamu rutin membeli pulsa selama dua minggu sekali atau sebulan sekali. Tujuannya agar masa aktif kartu Telkomsel bisa terjaga. Dengan begitu, maka kartu tidak akan hangus dan diblokir. 

2. Rutin Membeli Paket Telkomsel 

Pembelian paket internet, SMS, dan telepon juga dapat memperpanjang masa aktif. Ketika pengguna rajin membeli paket internet, maka masa aktif kartu juga akan terjaga. 

Hanya saja durasi masa aktif yang diberikan kepada pengguna tidak terlalu panjang. Karena pengguna hanya akan mendapatkan tambahan masa aktif dalam jumlah tertentu saja. Meski begitu, cara ini cukup bagus agar kartu kamu tidak hangus.

3. Membeli Masa Aktif Kartu Telkomsel

Terakhir, kamu bisa membeli masa aktif kartu Telkomsel. Cara tersebut bisa dilakukan melalui kode UMB *500*05#, *888#, maupun melalui aplikasi MyTelkomsel. 

Harga yang ditawarkan pun cukup beragam, masa aktif 5 hari dibanderol dengan harga Rp2.000. Kemudian masa aktif 30 hari dibanderol dengan harga Rp12.000. 

Masa aktif 90 hari harganya hanya Rp30.000, lalu 180 hari masa aktif dengan harga Rp59.000. Hingga masa aktif 360 hari dengan harga Rp115.000. kamu bisa memilih sendiri jumlah masa aktif yang diinginkan. 

Penutup

Masa aktif sebuah kartu Telkomsel memang sangat penting. Karena masa aktif tersebut dapat menunjukkan durasi aktif dari kartu. Pengguna wajib menjaga masa aktif agar kartu tidak diblokir dan hangus. 

Apalagi untuk cara cek nomor Telkomsel masih aktif atau tidak sangat mudah sekali. Kamu bisa menggunakan kode UMB, SMS, maupun menelpon kartu tersebut. Semoga informasi kali ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url