Cara Menggunakan Kuota Internet Lokal Telkomsel

cara menggunakan kuota internet lokal Telkomsel
Ilustrasi cara menggunakan kuota internet lokal Telkomsel 

MULAISAJA - Sebenarnya cara menggunakan kuota internet lokal Telkomsel sangat mudah untuk dilakukan. Hanya saja banyak pengguna yang masih bingung terkait penggunaanya. 

Telkomsel sendiri sebenarnya telah memberikan aturan khusus terkait paket tersebut. Pengguna dapat membaca semua aturan internet lokal melalui bagian deskripsi paket. 

Biasanya pada bagian deskripsi akan ada keterangan penggunaan kuota. Misalnya penggunaan untuk internet malam sekian GB, penggunaan untuk internet lokal sekian GB. 

Daripada kamu bingung tentang kuota internet lokal, alangkah baiknya jika kamu menyimak informasi tentang paket internet ini sebagai berikut. 

Apa Itu Kuota Internet Lokal Telkomsel?

Bagi kamu yang belum tahu, mungkin akan bingung dengan paket internet ini. Kuota internet lokal merupakan sebuah paket yang hanya bisa digunakan di lokasi tempat pembelian paket.

Sesuai namanya, paket yang satu ini bersifat kedaerahan. Artinya kuota ini hanya dapat digunakan di wilayah tertentu saja. Misalnya, kamu beli paket internet di Semarang, maka kuota lokal hanya dapat digunakan di Semarang saja. 

Jadi ketika kamu menggunakan kuota tersebut di daerah Sukoharjo (misal) maka tidak dapat digunakan. Kuota yang terpakai hanya kuota nasional, bukan kuota lokal Semarang. 

Lantas internet lokal Telkomsel untuk aplikasi apa saja? Sebenarnya kuota ini bisa kamu gunakan untuk mengakses apapun. Misalnya saja untuk internetan, browsing, main game, nonton YouTube, dan lain sebagainya.

Untuk penggunaan kuota memang tidak ada aturan khusus. Jadi kamu bisa puas menggunakan paket internet lokal untuk kebutuhan apapun selama kuotanya masih ada.

Cara Cek Lokasi Kuota Lokal Telkomsel

cara menggunakan kuota internet lokal Telkomsel
Ilustrasi kuota internet lokal Telkomsel

Sebelum kamu menggunakan kuota internet lokal, tentunya harus mengetahui lokasi khusus penggunaannya. Karena jika kamu tidak tahu, maka bisa repot dan kuota nasional bisa terpakai. 

Oleh sebab itu, pastikan untuk mengecek lokasi penggunaan internet tersebut terlebih dahulu. Nah untuk mengecek kuota internet lokal bisa dipakai dimana saja, kamu bisa mengikuti tutorial mulaidarimanaaja.com berikut. 

  • Pertama, silahkan unduh aplikasi MyTelkomsel versi terbaru. 
  • Jangan lupa untuk login dengan nomor Telkomsel kamu.
  • Pada halaman beranda, kamu bisa pilih detail kuota. 
  • Jika kamu memiliki paket kuota lokal, silahkan klik bagian tersebut. 
  • Nantinya kamu akan tahu daftar kota untuk bisa menggunakan Kuota Lokal Telkomsel.

Cara Menggunakan Kuota Internet Lokal Telkomsel

Seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya di atas, pengguna bisa menggunakan kuota internet lokal di daerah tempat pembelian paket. 

Jadi untuk menggunakan kuota internet lokal Telkomsel, kamu hanya perlu memakainya seperti biasa. Asalkan kuota tersebut digunakan di daerah asal pembelian paket internet. 

Karena saat kamu memakainya di luar daerah pembelian paket, maka tidak bisa digunakan. Lantas apakah ada cara menggunakan kuota lokal Telkomsel di daerah lain tanpa aplikasi? 

Sayangnya hingga saat ini belum ada tutorial resmi terkait memakai kuota internet lokal di daerah lain. Adapun tutorial yang bertebaran di internet hanya memakai kuota lokal dengan bantuan aplikasi. 

Ketika kamu memiliki paket internet lokal, sebaiknya gunakan hingga habis terlebih dahulu. Agar nantinya kamu tidak khawatir dan bingung untuk memakainya.

Kenapa Kuota Internet Lokal Telkomsel Tidak Bisa Digunakan? 

cara menggunakan kuota internet lokal Telkomsel
Ilustrasi Penyebab kuota internet lokal Telkomsel tidak bisa dipakai

Seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya, untuk menggunakan kuota lokal Telkomsel, pengguna harus memakainya di daerah asal pengaktifan paket. 

Jadi jika kamu memakainya di luar daerah (walau di perbatasan) maka tidak bisa digunakan. Meski begitu ada juga pengguna mengeluhkan tidak bisa memakai paket tersebut di daerahnya. 

Sebenarnya apa penyebab kuota lokal tidak bisa digunakan? Penyebab utama bisa karena urutan pengguna paket kartu kamu. Jadi urutan penggunaan paket di kartu kamu mulai dari kuota Nasional, kemudian kuota Lokal, lalu kuota aplikasi. 

Kemudian penyebab lainnya bisa jadi karena jaringan yang kamu gunakan sedang gangguan. Sehingga tidak bisa memakai kuota internet Telkomsel lokal dan nasional. 

Bahkan kartu yang masuk dalam masa tenggang juga membuat kuota lokal tidak bisa digunakan. Oleh sebab itu, sebaiknya cek terlebih dahulu penyebab dari kuota kamu yang tidak bisa digunakan. 

Penutup 

Kuota lokal Telkomsel memang sangat bermanfaat untuk pengguna. Karena kuota tersebut bisa digunakan untuk mengakses internet dan berbagai aplikasi tanpa ada batasan. 

Cara menggunakan kuota internet lokal Telkomsel tentunya sangat mudah sekali. Kamu bisa memakainya melalui tips yang telah kami sampaikan di atas. Semoga informasi mulaidarimanaaja.com dapat bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url