Cara Menggunakan Kuota Nasional Telkomsel Beserta Penjelasannya

cara menggunakan kuota nasional Telkomsel
cara menggunakan kuota nasional Telkomsel

MULAISAJA - Sudah tahu belum bagaimana cara menggunakan kuota nasional Telkomsel? Atau malah kamu belum tahu sama sekali tentang paket internet yang satu ini? 

Kuota internet pada dasarnya digunakan untuk mengakses aplikasi dan internet. Dengan kuota tersebut, pengguna bisa berselancar di internet secara leluasa.

Hanya saja, terkadang pihak provider memberikan kuota internet dengan pembagian tertentu. Misalnya saja pembagian waktu, jenis aplikasi yang bisa diakses dan lain sebagainya. 

Salah satu kuota internet yang sering diperbincangkan adalah paket Nasional dari Telkomsel. Penasaran seperti apa kuota tersebut? Ikuti terus artikel ini hingga selesai. 

Apa Itu Kuota Nasional Telkomsel? 

cara menggunakan kuota nasional Telkomsel
Mengenal kuota Nasional Telkomsel

Bagi pengguna baru kartu Telkomsel mungkin akan bingung dengan kuota nasional. Sebenarnya apa sih kuota tersebut? Apakah bisa digunakan untuk internetan biasa? 

Kuota nasional Telkomsel adalah sebuah paket internet yang disediakan Telkomsel untuk pengguna dan dapat digunakan di seluruh Indonesia. 

Tak sedikit pula pengguna yang menyebutkan bahwa kuota Nasional itu sama dengan kuota utama. Karena memang kuota inilah yang jumlahnya sangat besar ketimbang kuota lainnya. 

Kalau secara gampangnya, maksud kuota nasional Telkomsel merupakan kuota yang bisa digunakan dimana saja (khusus wilayah Indonesia). 

Misalnya saja kamu gunakan kuota tersebut di Papua, Jawa, Maluku, Aceh, hingga Sumatera. Umumnya, kuota ini berlaku selama 24 jam nonstop di jaringan 2G, 3G, dan 4G. 

Biasanya pemakaian kuota ini berada di paling akhir pada skala prioritas pemakaian Telkomsel. 

Jadi misalkan kamu punya kuota Nasional, lokal, dan aplikasi, maka yang akan terpotong terlebih dahulu adalah kuota aplikasi, lalu kuota lokal.

Namun pemakaian tersebut tergantung dari kuota yang kamu beli. Jadi sebaiknya cek secara berkala sisa kuota paket internet kamu. Agar nantinya bisa tahu kapan perlu beli lagi. 

Kuota Nasional Telkomsel Bisa Digunakan Untuk Apa Saja?

Secara umum, paket internet akan memiliki kegunaan masing-masing. Misalnya saja paket internet lokal yang hanya bisa digunakan di daerah asal pengaktifan paket. 

Hal ini juga berlaku untuk kuota Nasional. Namun sepertinya yang telah kami sampaikan sebelumnya, kuota Nasional ini bisa digunakan di seluruh Indonesia. 

Jika demikian, lantas apakah kuota Nasional Telkomsel bisa untuk YouTube? Jawabannya tentu sangat bisa sekali. Kuota ini bisa kamu gunakan secara leluasa untuk mengakses aplikasi apapun. 

Misalnya saja, kamu bisa gunakan kuota Nasional untuk YouTube, Tiktok, WhatsApp, Facebook, Netflix, Vidio, Maxstream, dan lain sebagainya. 

Jadi seluruh aplikasi dan situs website bisa kamu buka dengan menggunakan kuota nonton Telkomsel. 

Cara Beli Kuota Nasional Telkomsel

cara menggunakan kuota nasional Telkomsel
Tutorial membeli paket kuota nasional Telkomsel

Sebenarnya kuota nasional Telkomsel merupakan kuota utama. Jadi saat kamu beli paket internet dengan berlabel kuota nasional, maka kuota tersebut merupakan kuota utama.

Untuk mendapatkan kuota Nasional Telkomsel juga cukup mudah. Kamu hanya perlu membeli paket internet OMG, Internet sakti, paket combo sakti, dan lain sebagainya.

Harga kuota nasional Telkomsel juga bervariasi, tergantung dari paket yang kamu beli. Misalnya saja paket yang hendak kamu beli adalah paket Combo sakit. 

Harga termurah adalah 92 ribu dengan jumlah paket internet 36GB, bonus SMS Telkomsel sebanyak 100 SMS, bonus nelpon Telkomsel sebanyak 75 menit, dengan masa aktif 7 hari. 

Adapun cara membeli paket internet yang ada kuota Nasional melalui aplikasi MyTelkomsel bisa kamu ikuti langkah-langkah berikut ini. 

  • Pertama, buka aplikasi MyTelkomsel di Hp kamu (pastikan telah mengunduh aplikasi versi terbaru). 
  • Jangan lupa untuk mendaftar akun dengan Nomor Telkomsel milikmu. 
  • Pada halaman beranda MyTelkomsel, silahkan pilih belanja. 
  • Kemudian pilih bagian internet. Silahkan pilih saja paket internet yang hendak kamu beli. 
  • Terakhir selesaikan pembayaran. Dengan begitu, kuota internet Nasional telah aktif.

Cara tersebut dilakukan dengan aplikasi. Jika kamu hendak mengaktifkan paket tanpa aplikasi, kamu bisa menyimak langkah-langkah berikut ini.

  • Pertama ketik *363# lalu tekan OK / Yes
  • Nantinya akan ada promo paket internet yang bisa diaktifkan.  
  • Jika kamu tertarik dengan Promo tersebut, kamu bisa langsung pilih paket yang diinginkan. 
  • Tetapi jika kamu enggan membeli paket tersebut, kamu bisa pilih menu "lainnya"
  • Kemudian silahkan pilih saja paket internet yang diinginkan. 
  • Terakhir silahkan lakukan pembayaran. Dengan begitu maka paket internet Nasional akan aktif.

Cara Menggunakan Kuota Nasional Telkomsel

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, bahwa paket kuota Nasional akan aktif setelah kuota lokal dan aplikasi. 

Jadi untuk menggunakannya, kamu hanya perlu mengakses internet. Misalnya saja, kamu bisa membuka aplikasi Facebook, YouTube, Tiktok, WhatsApp, dan lain sebagainya. 

Maka dengan sendirinya, kuota nasional Telkomsel akan langsung terpakai secara otomatis. Saat kamu mengakses situs web juga demikian. 

Kuota yang akan terpakai adalah kuota Nasional. Oleh karena itu, mulai sekarang tidak usah bingung lagi proses penggunaan kuota tersebut.  

Meski begitu, terkadang ada saka pengguna yang bingung karena tidak bisa menggunakan kuota yang satu ini. Sebenarnya apa sih penyebabnya? 

Kenapa Kuota Nasional Telkomsel Tidak Bisa Digunakan?

Belakangan ini memang banyak pengguna Telkomsel yang tidak bisa menggunakan kuota Nasional. Sebenarnya penyebabnya sendiri sangat beragam. 

Salah satu penyebab yang paling sering terjadi adalah karena jaringan Telkomsel tengah gangguan atau error. Saat terjadi error, maka kamu tidak bisa memakai kuota internet apapun. 

Lantas bagaimana cara mengatasinya? Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu harus bersabar hingga jaringan Telkomsel kembali pulih. 

Kamu bisa gunakan kartu lain ketika Telkomsel Error. Karena dengan demikian, maka kamu tetap bisa berselancar di dunia Internet. 

Penutup

Kuota nasional Telkomsel memang sangat bermanfaat bagi pengguna. Selain menjadi kuota utama, paket internet yang satu ini juga bisa digunakan untuk mengakses apa saja. 

Apalagi cara menggunakan kuota nasional Telkomsel juga sangat mudah. Kamu bisa mengikuti tips dan trik yang telah kami bagikan di atas. Semoga informasi kali ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url