Darimana Facebook Mendapatkan Uang? Ternyata dari Sini Toh!

darimana Facebook mendapatkan uang
Ilustrasi Facebook

MULAISAJA - Sebagian warganet banyak yang penasaran darimana Facebook mendapatkan uang. Karena platform ini jarang terlihat nangkring ataupun promosi jasa dan layanan. 

Platform Facebook kini telah berada di bawah perusahaan Meta. Tak hanya aplikasi Facebook, Meta juga memiliki aplikasi lain seperti Instagram, WhatsApp, hingga Threads. 

Dengan adanya aplikasi ini, tentunya cuan uang didapatkan oleh Facebook juga besar. Karena bisnis modelnya di masing-masing juga berbeda. Sehingga memungkinkan perputaran uang jadi lebih deras. 

Sumber Pendapatan Facebook

Berdasarkan informasi yang kami himpun dari berbagai sumber, ada beberapa sumber pendapatan dari Meta ataupun Facebook. Berikut ini kami telah merangkumnya antara lain:

1. Iklan

Tidak bisa dipungkiri bahwa iklan menjadi sumber pendapatan terbesar bagi Facebook. Platform ini menawarkan layanan iklan kepada pengguna, pemilik brand, dan lainnya untuk mempromosikan produk dan layanannya.

Facebook memiliki jumlah pengguna yang sangat banyak. Mulai dari anak kecil, remaja, dewasa, hingga orang tua memakai aplikasi ini. Karena hal inilah, Facebook memiliki data pengguna untuk mendistribusikan iklan kepada pengguna lain.

2. Model Bisnis Berbayar

Ternyata Facebook juga menghasilkan uang melalui fitur-fitur berbayar mereka. Beberapa fitur tersebut misalnya seperti fitur promosi halaman, promosi konten, hingg promosi acara.

Melalui fitur ini, pengguna dapat bayar untuk meningkatkan jangkauan konten mereka. Sehingga pengguna menjadi lebih terkenal di platform Facebook.

3. Game dan Aplikasi

Selain sebagai hiburan dan bisnis, Facebook juga memiliki platform game dan aplikasi. Platform ini memungkinkan pengguna untuk bermain game atau menggunakan aplikasi tertentu. 

Melalui platform ini, Facebook menerima persentase dari pendapatan yang dihasilkan oleh pengembang game. Misalnya saja melalui pembelian dalam aplikasi, iklan dalam permainan, atau bahkan fitur premium.

4. Facebook Marketplace

Kalau kamu perhatikan lagi, Facebook juga punya marketplace tersendiri. Facebook Marketplace adalah platform untuk jual beli barang secara online dalam jangkauan wilayah tertentu. Biasanya platform ini digunakan untuk jual beli secara lokal saja.

Facebook menghasilkan pendapatan dengan mengenakan biaya pada iklan produk yang dipromosikan. Kemudian Facebook juga mengenakan biaya transaksi pada penjualan yang telah berhasil.

5. Kemitraan dan Aliansi

Nyatanya Facebook juga menjalin kemitraan dengan perusahaan lain untuk tujuan tertentu. Misalnya saja seperti pemasaran bersama, integrasi produk, atau layanan lintas-platform. 

Dengan kemitraan semacam ini, maka Facebook bisa memiliki pendapatan melalui persyaratan kontrak atau pembagian pendapatan. Jadi uang yang diterima oleh Meta atau Facebook jadi lebih besar. 

Penutup

Sekarang kamu sudah tahu kan darimana Facebook mendapatkan uang? Walaupun alasan di atas hanya secuil informasi, karena yang tahu detial pendapatan Facebook hanya pihak Facebook sendiri. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url