Internet Bekerja dengan Protokol Komunikasi yang Disebut TCP atau IP

Internet Bekerja dengan Protokol Komunikasi yang Disebut TCP atau IP
Ilustrasi protokol internet

MULAISAJA - Dalam dunia internet dan jaringan, internet bekerja dengan protokol komunikasi yang disebut TCP/IP. Kamu sudah tahu belum, apa itu protokol TCP atau yang biasa disebut IP?

Berdasarkan informasi yang kami dapatkan, TCP/IP merupakan sebuah standar komunikasi data yang digunakan dalam melakukan pertukaran data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet. 

Protokol tersebut tidak bisa berdiri sendiri dan umumnya berupa kumpulan protokol (protocol suite). Secara umum, protokol ini paling banyak digunakan di dunia hingga saat ini.

Jika kita lihat perkembangannya, protokol TCP/IP dikembangkan pada akhir tahun 1970-an hingga awal 1980-an. 

Pada saat itu, protokol ini digunakan sebagai standar untuk menghubungkan komputer dan jaringan. Sehingga nantinya dapat membentuk sebuah jaringan yang luas (WAN).

TCP/IP menjadi standar jaringan terbuka yang bersifat independen. Hal inilah yang membuatnya dapat digunakan di mana saja dan kapan saja. 

Protokol tersebut memakai skema pengalamatan yang sederhana yang disebut dengan alamat IP (IP Address). Dengan adanya skema IP inilah, ratusan juta komputer dapat terhubung di internet. 

Selain itu, protokol ini bersifat routable. Artinya protokol tersebut dapat menghubungkan sistem yang berbeda. Misalnya saja seperti menghubungkan perangkat Microsoft Windows dan keluarga UNIX. 

Protokol TCP/IP memang banyak digunakan di seluruh dunia, karena memiliki kelebihan yang banyak. Tercatat, ada beberapa kelebihan dari sistem TCP/IP, berikut mulaidarimanaaja.com telah merangkumnya di bawah ini.

1. Dapat digunakan untuk berbagai macam jenis jaringan. Hal ini membuatnya independen serta tidak perlu terikat dengan perangkat tertentu.

2. TCP/IP bersifat open protocol standard, karenanya protokol ini dapat menghubungkan perangkat lunak dengan berbagai macam komputer.

3. Protokol ini juga bisa diandalkan untuk mengetahui jaringan TCP/IP lain, walaupun tiap jaringan memiliki identitas (IP Address) yang berbeda.

4. Memiliki konsistensi protokol yang lebih tinggi, tak heran jika protokol tersebut banyak dipilih oleh pengguna komputer di dunia.

Nah sekarang sudah tahu internet bekerja dengan protokol komunikasi yang disebut apa? Semoga informasi kali ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url