Cara Mengatasi WiFi Tersambung Tapi Tidak Bisa Internet di HP Android Semua Tipe

tutorial mengatasi WiFi tersambung tapi tidak bisa internet di HP Android
tutorial mengatasi WiFi tersambung tapi tidak bisa internet di HP Android

MULAISAJA - Permasalahan WiFi tersambung tapi tidak bisa internet di HP Android memang sangat menjengkelkan. Karena kamu tidak bisa menikmati jaringan internet yang telah kamu bayar, rasanya seakan percuma mengeluarkan uang.

Sebenarnya penyebab WiFi yang sudah tersambung tetapi tidak bisa digunakan untuk internetan juga cukup beragam. Salah satu masalah yang umum terjadi yakni karena Hp kamu sedang error atau terjadi gangguan. 

Selain itu, ada juga penyebab lain berupa jaringan Hp yang tidak mendukung. Sehingga membuat kamu tidak bisa internetan dengan sambungan WiFi. 

Tips Mengatasi WiFi Tersambung Tapi Tidak Bisa Internet di HP Android Semua Tipe

Tercatat ada beberapa cara yang dapat kamu terapkan untuk mengatasi permasalahan tidak bisa internetan walaupun WiFi sudah tersambung. 

Beberapa tips ini dapat kamu terapkan sendiri melalui Hp Android dan Router yang digunakan. Adapun beberapa cara tersebut telah kami rangkum di bawah ini.

tutorial mengatasi WiFi tersambung tapi tidak bisa internet di HP Android
Ilustrasi tutorial mengatasi WiFi tersambung tapi tidak bisa internet di HP Android

1. Reset Hp Terlebih Dahulu 

Pertama untuk mengatasi WiFi tersambung tapi tidak bisa internet di HP Samsung dan Hp lainnya yakni dengan melakukan reset Hp terlebih dahulu. 

Cara ini berlaku untuk mendeteksi apakah yang menjadi penyebabnya adalah HP yang kamu gunakan atau memang routernya yang bermasalah. 

Karena biasanya WiFi sudah tersambung tetapi tidak bisa internetan disebabkan oleh keadaan hp yang mengalami panas dan overheat. Sehingga beberapa sistem tidak dapat bekerja. 

Oleh karena itu, kamu bisa melakukan reset terlebih dahulu atau bisa perlu matikan hp sejenak. Kemudian nyalakan kembali agar dapat terkoneksi dengan WiFi. 

2. Putuskan dan Sambungkan Kembali Jaringan WiFi

WiFi tersambung tapi tidak bisa internet di HP Xiaomi dan Hp lainnya bisa kamu atasi dengan memutuskan sambungan WiFi dan menyambungkannya kembali. 

Cara ini cukup efektif untuk mendeteksi apakah jaringan yang digunakan sedang error atau tidak. Karena jika jaringan yang digunakan error, maka akan teratasi dengan cara seperti ini. Untuk melakukannya, kamu bisa mengikuti tahapan-tahapan berikut. 

  • Pertama, tarik layar ke bawah untuk membuka panel notifikasi. 
  • Kemudian, nonaktifkan WiFi terlebih dahulu hingga beberapa saat.
  • Setelah itu, silahkan nyalakan kembali WiFi di Hp kamu. 
  • Terakhir kamu bisa coba gunakan untuk membuka browser atau membuka WhatsApp.

3. Restart Router WiFi

Selanjutnya WiFi tersambung tapi tidak bisa internet di HP Realme dan hp lainnya bisa kamu atasi dengan melakukan reset pada router atau modem WiFi. 

Cara ini digunakan untuk mengetahui apakah router tersebut tengah bermasalah atau tidak. Adapun untuk melakukan reset, kamu bisa ikuti tahapan-tahapan berikut.

  • Pertama, klik tombol power modem WiFi. 
  • kemudian tunggu beberapa menit.
  • Selanjutnya klik tombol tersebut lagi.
  • Dalam tahap ini, biarkan WiFi kamu normal terlebih dahulu. 
  • Setelah itu, coba untuk menyambungkan kembali Hp kamu dengan WiFi.

4. Ubah DNS Server

Permasalahan WiFi tidak bisa terhubung bisa kamu atasi dengan cara mengubah DNS server pada Hp yang kamu gunakan. Cara ini berlaku agar dapat terkoneksi dengan internet. 

Karena biasanya DNS yang tidak sesuai akan menghambat koneksi internet. Adapun cara mengubah DNS server bisa kamu ikuti langkah-langkah berikut. 

  • Pertama, silahkan buka pengaturan di Hp.  
  • Kemudian masuk ke menu 'Network & Setting'
  • Setelah itu pilih 'Private DNS'.
  • Pada menu tersebut, silahkan ganti yang tadinya 'Automatic' menjadi 'Private DNS provider hostname'.
  • Selanjutnya masukkan 'dns.google' di kolom hostname, 
  • Terakhir klik 'Simpan'.

5. Perhatikan Waktu dan Tanggal di Hp Kamu

Terakhir, masalah WiFi tersambung tapi tidak bisa internet di HP Oppo dan Hp lainnya bisa kamu atasi dengan cara memperhatikan waktu dan tanggal yang ada di Hp. 

Biasanya WiFi sudah terhubung tapi tidak bisa digunakan internetan karena zona waktu yang kamu terapkan tidak sesuai dengan lokasi dirimu saat ini. 

Oleh karena itu, pastikan kamu mengubah tanggal dan waktu sesuai dengan lokasi kamu berada. Misalnya saja kamu berada di Jawa Timur, pastikan untuk menggunakan waktu daerah setempat. 

Penutup 

Beberapa tips di atas tentunya sangat mudah untuk diterapkan. Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang telah kami berikan di atas.

Semoga tips mengatasi WiFi tersambung tapi tidak bisa internet di HP Android semua tipe bisa bermanfaat dan menambah wawasan. Jangan lupa untuk share informasi ini kepada teman-teman kamu ya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url